Dukung Pengembangan Pembelajaran Daring di Indonesia, Ini Langkah ITS

Kamis, 06 Mei 2021 - 16:58 WIB
loading...
Dukung Pengembangan Pembelajaran Daring di Indonesia, Ini Langkah ITS
Dukung Pengembangan Pembelajaran Daring di Indonesia, Ini Langkah ITS. Foto/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mendukung upaya pemerintah untuk mengoptimalkan pembelajaran daring di Indonesia dalam rangka mewujudkan Merdeka Belajar untuk semua.

Bersama 11 perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS) lainnya, mereka melakukan penandatanganan kerja sama dengan Universitas Terbuka (UT) secara hybrid, Kamis (6/5/2021).

MoU ini juga dihadiri Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Prof Ir Nizam MSc DIC PhD, perjanjian kerja sama antara UT dan perguruan tinggi mitra ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan pembelajaran daring secara bersama-sama melalui platform Indonesia Cyber Education (ICE) Institute.

“ICE Institute merupakan galeri pembelajaran daring di Indonesia,” kata Paulina Pannen, Kepala ICE Institute.

ICE Institute berperan dalam penyediaan dan pemanfaatan mata kuliah daring yang sudah terkurasi dalam rangka merdeka belajar untuk semua.

Setiap perguruan tinggi mitra diminta berkontribusi 10 mata kuliah untuk ditawarkan secara gratis selama tiga tahun lewat platform ICE Institute.

“Saat ini sudah ada 120 mata kuliah daring yang akan segera diintegrasikan,” kata Paulina.

Melalui kerja sama ini, ICE dapat memfasilitasi perguruan tinggi untuk menyediakan layanan mata kuliah daring ke berbagai pengguna serta memfasilitasi pengguna untuk memilih berbagai mata kuliah daring yang diminatinya secara mudah dan cepat.

“Melalui program ini diharapkan Indonesia dapat mewujudkan merdeka belajar untuk semua dan kedepannya akan lebih banyak menggandeng perguruan tinggi lain,” jelasnya.

Dirjen Dikti juga memberikan dukungannya dalam pengembangan ICE Institute. Ia berharap dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih pendidikan bisa diakses oleh seluruh rakyat Indonesia dan akan tercipta kolaborasi antar mahasiswa maupun dosen lintas daerah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2488 seconds (0.1#10.140)