Pakar: Olahraga Rutin Selama Puasa Dapat Tingkatkan Imunitas

Senin, 19 April 2021 - 13:06 WIB
loading...
A A A
“Kalau imunitas turun, maka risiko infeksi meningkat. Ini tidak hanya pada COVID-19, tetapi juga penyakit-penyakit lain yang sekarang naik lagi, seperti demam berdarah dan tipes,” katanya.

Berdasarkan hasil riset, jumlah kalori yang dikonsumsi tubuh selama puasa diketahui relatif turun.

Sehingga ketersediaan energi tubuh lebih rendah. Selain itu, pola konsumsi makanan selama puasa juga berubah.

Meski perubahan tersebut sebenarnya tidak terlalu berpengaruh, aktivitas fisik perlu disesuaikan dengan ketersediaan energi. Sebaiknya dioptimalkan pada aktivitas-aktivitas yang penting, seperti bekerja atau belajar.

“Untuk olahraga harus rasional. Misalnya lupa tidak sahur, maka sebaiknya tidak melakukan aktivitas olahraga yang terlampau berat," jelasnya.

Bambang menyarankan untuk memilih aktivitas fisik yang sedang. Artinya mengurangi intensitas olahraga yang biasa dilakukan di luar puasa.

"Ketika ingin berolahraga, lihat dulu kondisinya, mampu atau tidak. Kalau terbiasa main futsal 1 jam, selama puasa bisa dikurangi jadi 30 menit," sambungnya.

Baca juga: Razia Jelang Sahur, Ratusan Botol Miras Diamankan Petugas Gabungan

Perlu diketahui, lanjutnya, tidak semua aktivitas fisik dapat dikatakan sebagai olahraga. Ia menjelaskan, olahraga adalah kegiatan terstruktur yang memiliki ukuran, tujuan, dan standar yang jelas.

Baca juga: Larangan Mudik Diprediksi Dongkrak Kunjungan Desa Wisata
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2836 seconds (0.1#10.140)