Diguncang Pandemi COVID-19, Produk Oleh-oleh di Sleman Turun 20 Persen

loading...
Diguncang Pandemi COVID-19, Produk Oleh-oleh di Sleman Turun 20 Persen
Karyawan Jawara Satoe, Jebresan, Kalitirto, Berbah, Sleman sedang membuat bakpia Paris, Sabtu (10/4/2021). Foto Koran Sindo-SINDONews/priyo setyawan
SLEMAN - Pandemi COVID-19 bukan hanya berdampak pada sektor kesehatan, namun juga berimbas pada keberlangsungan usaha produksi oleh-oleh bakpia di Sleman.

Satu di antaranya dialami produksi bakpia Juwara Satoe di Jebresan, Kalitiro, Berbah, Sleman yang turun hingga 20 %. Bahkan pada awal pandemi 2020 hingga akhir tahun 2020, sempat merumahkan 50 % dari 60 karyawannya.

baca juga: Gempa Besar Guncang Malang, Getarannya Terasa Sampai Bangkalan

Hal ini lantaran pembelian yang tadinya secara langsung ke tempat usaha beralih menjadi pemesanan melalui media sosial Whatapps (WA) dan banyaknya wisatawan yang membatalkan kunjungan ke Sleman. Sehingga jumlah pembeli menurun secara drastis.

Sales Marketing Officer (SMO) bakpia Juwara Satoe, Wida Putri mengatakan dampak pandemi sangat berpengaruh terhadap penjualan produk oleh-oleh bakpia. Penurunan tersebut karena tadinya kunjungan langsung sekarang pemesaannya melalui online.



Beruntung produk bakpia mereka bisa tahan 3-6 bulan, jadi aman dan tetap bisa berjualan secara online serta mengirim keluar kota. Sehingga tetap berproduksi dan bertahan. Termasuk karyawannya yang tadinya di rumahkan sudah bekerja lagi.

Baca juga: BI Jawa Timur Prediksi Lebaran Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

“Itu yang membantu kita di masa pandemi ini,” kata Wida di sela-sela lauching bakpia Paris produk baru Jawara Satoe, Sabtu (10/4/2021).

Wida menjelaskan untuk memberikan pilihan ragam rasa bakpia, pihaknaya juga menghadirkan produk terbaru yakni, bakpia Paris. Ada empat varian rasa, yakni coklat, keju, almond dan durian. Bakpia Paris ini ditanggani langsung chef dari Paris, Perancis William Zoratti. Adanya varian baru ini tentunya menambah ragam rasa yang sudah ada di Yogyakarta.

“Bakpia Paris ini sudah bisa di pesan di outlet Pathuk Jalnn Jogonegaran, Yogyakarta, Outel Jalan Urip Sumoharjo No 37 Yogyakarta dan outlet Berbah, Jebresan, Kalitirto, Berbah,” terangnya.
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top