Bandara Internasional Kertajati Tetap Layani Penerbangan Komersil

Selasa, 30 Maret 2021 - 19:37 WIB
loading...
A A A
"MRO tidak rumit, man powerrnya yang penting. GMF sudah memiliki SDM dan sertifikasi untuk MRO, BIJB menyiapkan lahan sesuai masterplan. Jadi, kami membangun MRO selain melayani pesawat TNI/Polri, juga umum. Artinya, semua penerbangan sipil dan komersil kita layani di Kertajati," jelas Rafi.

Rafi juga memastikan, BNPB akan menjadikan Bandara Kertajati sebagai homebase pesawat pemadam kebakaran hutan kebencanaan mulai tahun ini. Selama ini, BNPB memarkirkan pesawatnya di Subang, Malaysia. Keputusan pemerintah mendirikan MRO di Bandara Kertajati menurutnya membuat BNPB tak lagi khawatir dengan urusan perawatan pesawat.

"BNPB happy kalau MRO sudah ada, terutama untuk perawatan helikopter pemadam api. Keputusan Presiden ini membuat semua rencana yang sudah disusun berbagai pihak menjadi tersambung," katanya.

Manajemen BIJB sendiri mengapresiasi keputusan pemerintah terkait penetapan Bandara Kertajati sebagai pusat MRO pesawat pemerintah. Keputusan ini juga dinilai menjadi salah satu entry poin pemulihan ekonomi nasional dan daerah. "Negara hadir di BIJB, keputusan ini kita sambut baik," tandas Rafi.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, selain dioperasikan untuk mengangkut penumpang dan kargo, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, akan difungsikan untuk MRO atau perawatan pesawat.

"Bandara Kertajati akan difokuskan juga pada MRO sehingga semua pesawat bisa maintenance di sana," kata Kang Emil dalam keterangan resminya, Selasa (30/3/2021).

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) untuk pemanfaatan Bandara Kertajati sebagai MRO pesawat.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Panglima TNI dan Kasau untuk memanfaatkan kegiatan MRO di Kertajati, maka kita akan segera bangun dan kembangkan di lahan yang sudah ada secepatnya," katanya.

"Ke depannya juga untuk pesawat pribadi yang selama ini melakukan perawatannya di luar negeri," tambahnya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0979 seconds (0.1#10.140)