17 Kota/Kabupaten di Jabar Terdampak Gempa Garut, BPBD: Puluhan Bangunan Rusak dan Belasan Luka-luka

Senin, 29 April 2024 - 10:11 WIB
loading...
17 Kota/Kabupaten di Jabar Terdampak Gempa Garut, BPBD: Puluhan Bangunan Rusak dan Belasan Luka-luka
Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,5 yang mengguncang Kabupaten Garut pada Sabtu (27/4/2024) malam, berdampak luas ke 17 kota dan kabupaten di Jawa Barat. Foto/Dok.MPI
A A A
BANDUNG - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,5 yang mengguncang Kabupaten Garut pada Sabtu (27/4/2024) malam, berdampak luas ke 17 kota dan kabupaten di Jawa Barat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar melaporkan, puluhan bangunan mengalami kerusakan dan belasan orang mengalami luka-luka.

Pranata Humas BPBD Jabar Hadi Rahmat mengatakan, sampai saat ini, petugas BPBD kabupaten dan kota masih terus melakukan pendataan dan asesmen di lapangan. "Sebanyak 17 kota dan kota terdampak gempa bumi," kata Hadi Rahmat, Senin (29/4/2024).

Hadi menyatakan, berdasarkan pendataan petugas, kota dan kabupaten yang terdampak gempa Garut antara lain, Kota/Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung, Cianjur, Garut, Kota/Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Sumedang, Subang, Purwakarta, Bandung Barat, Cimahi, Pangandaran, Kabupaten Bogor, dan Majalengka.



"Di Kabupaten Sukabumi, sembilan rumah rusak sedang dan delapan rusak ringan. Tujuh jiwa terdampak. Satu unit bangunan, sekolah dan tempat ibadah terdampak," ujar Hadi.

Di Kabupaten Cianjur, tutur Hadi, empat rumah rusak ringan, satu tempat ibadah dan sekolah terdampak. Di Kabupaten Bandung, sebanyak 12 rumah rusak sedang, 39 rusak ringan, dan tiga orang luka-luka.

"Sebanyak 167 jiwa di Kabupaten Bandung terdampak. Dua bangunan, dua fasilitas kesehatan (faskes), dua tempat ibadah dan dua sekolah ikut terdampak," tutur dia.

Di Kabupaten Garut, gempa magnitudo 6,5 menyebabkan 12 rumah rusak sedang dan 30 rumah rusak ringan serta 6 orang mengalami luka-luka. 21 orang terdampak, satu bangunan dan satu unit faskes terdampak.

"Di Kabupaten Tasikmalaya, tujuh rumah rusak sedang dan 14 rusak ringan, 55 jiwa terdampak. Satu bangunan, satu faskes dan satu tempat ibadah terdampak," ucap Hadi.

Gempa Garut juga menyebabkan 6 rumah di Kabupaten Ciamis, rusak sedang, 40 rumah rusak ringan, 2 orang luka-luka dan satu sekolah terdampak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)