Sosok Harjo Mislan, Haji Tertua Se-Indonesia Berusia 110 Tahun asal Ponorogo

Selasa, 07 Mei 2024 - 20:39 WIB
loading...
Sosok Harjo Mislan, Haji Tertua Se-Indonesia Berusia 110 Tahun asal Ponorogo
Harjo Mislan (110), warga Desa Bedingan, Kecamatan Sambit, Ponorogo, Jawa Timur menjadi calon jemaah haji tertua se-Indonesia pada musim haji 2024. Foto/iNews TV/Ahmad Subekhi
A A A
PONOROGO - Harjo Mislan, warga Desa Bedingan, Kecamatan Sambit, Ponorogo, Jawa Timur menjadi calon jemaah haji tertua se-Indonesia pada musim haji 2024. Saat ini usianya telah mencapai 110 tahun.

Meskipun telah melalui lebih dari satu abad, Mislan masih menunjukkan kebugaran tubuhnya yang luar biasa. Sebagai seorang Veteran Pejuang Kemerdekaan 1945, kakek berusia 15 cucu ini terlihat segar dan bugar.



Dia mengaku rutin melakukan olahraga, seperti senam, jalan kaki, dan bahkan berlari. Aktivitasnya tidak terbatas pada itu saja, sebagai seorang petani Mislan juga masih rajin berkebun di sawah.

Menurut Sirmat, anak Mislan yang juga mendampinginya dalam proses persiapan haji, ayahnya dalam kondisi sehat dan masih sangat aktif.



Mislan telah melakukan manasik haji dan proses pengurusan dokumen haji didampingi oleh sang anak selama ini.

"Meski sehat, namun ayah berangkat haji saya dampingi. Termasuk saat proses manasik dan proses pengurusan dokumen haji," ungkap Sirmat, Selasa (7/5/2024).



Mislan juga terlihat antusias dan semangat selama proses manasik haji di kelompok bimbingan ibadah haji. Menurut KH Abdussami Hasyim, pembina KBIH Al Haromain, Mislan masih terlihat sehat dan aktif dalam menjalani proses haji.

Dengan rencananya untuk berangkat bersama 618 calon jamaah haji lainnya dari Ponorogo pada tanggal 15 Mei mendatang, Mislan berharap agar bisa kembali ke kampung halamannya sebagai haji yang mabrur.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)