Upacara Peringatan HUT ke-79 RI di IKN, Ridwan Kamil Pastikan Fasilitas Penunjang Sudah Selesai Dibangun

Jum'at, 03 Mei 2024 - 17:16 WIB
loading...
Upacara Peringatan HUT ke-79 RI di IKN, Ridwan Kamil Pastikan Fasilitas Penunjang Sudah Selesai Dibangun
Secara keseluruhan, progres pembangunan kota baru di wilayah Kalimantan Timur itu sudah mencapai 70 persen. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
BANDUNG - Ridwan Kamil memastikan bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) berada dalam koridor yang tepat. Mantan gubernur Jawa Barat yang dipercaya menjadi kurator IKN itu menyebutkan, pemerintah sangat serius membangun IKN. Secara keseluruhan, progres pembangunan kota baru di wilayah Kalimantan Timur itu sudah mencapai 70 persen. Rencana Presiden Joko Widodo melaksanakan upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN masih sesuai jadwal.

Keterangan tersebut disampaikan oleh pria yang akrab dipanggil RK itu usai rapat bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti pada Kamis, 2 Mei 2024. ”Kewajiban saya bersama Ibu Dirjen adalah memastikan perencanaannya harus baik. IKN kan keputusan negara, menjadi atensi dunia. Kalau perencanaannya asal-asalan nanti hasilnya tidak maksimal,” ungkap dia.

Dalam rapat tersebut, RK bersama Diana dan jajaran Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR membahas berbagai aspek terkait IKN secara detail. ”Dari konsep, teknis, sampai lain-lain. Itu menunjukkan seserius itu kami menjaga kualitas IKN supaya menjadi kota kelas dunia,” tegasnya. Berdasar data terakhir, saat ini progres pembangunan IKN secara umum sudah mencapai angka 70 persen.



Bahkan pada beberapa bagian sudah ada yang progresnya mendekati angka 100 persen. ”Untuk tahap satu, itu sudah banyak yang mendekati 100 persen,” kata RK. Karena itu, dia memastikan bahwa rencana Presiden Joko Widodo melaksanakan upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN pada 17 Agustus tahun ini bakal terlaksana. ”Artinya fasilitas bandara, jalan tol, bangunan utama, insya Allah sudah selesai,” ujar mantan wali kota Bandung tersebut.

Pemerintah membangun IKN dengan mengedepankan konstruksi yang ramah lingkungan. Baik untuk bangunan institusi negara, bangunan komersial, maupun hunian. Nantinya sebagian besar kawasan IKN adalah kawasan hijau. Sehingga seluruh penduduk IKN bisa mengakses ruang terbuka hijau dengan mudah. Desain IKN juga menyesuaikan kondisi alam di Kalimantan Timur. Sebagai kurator, RK memastikan setiap tahap pembangunan IKN berjalan dengan baik.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)
pixels