Raih Penghargaan Pelayanan Prima, Kapolresta Malang Berbagi Pengalaman di Kemenpan RB

Kamis, 18 Februari 2021 - 22:47 WIB
loading...
A A A
"Kami menyadari, bahwa meraih lebih mudah dari pada mempertahankan . Oleh karena itu kami punya komitmen, dan kami berharap komitmen itu dimiliki oleh seluruh anggota Polresta Malang Kota. Komitmen yang harus kami lakukan adalah, tetap selalu menjaga kualitas pelayanan," tegasnya.

Ia menjelaskan kunci untuk menjaga kualitas pelayanan yang baik dan benar, yaitu dengan tidak melakukan pungli, tidak memberikan pelayanan yang berbelit, serta melayani masyarakat dengan sebaik mungkin.

"Oleh karenanya di pelayanan kami, pembayaran sebagian besar memakai cashless payment (pembayaran non tunai). Jadi tidak memakai uang tunai yang diberikan kepada petugas. Hal itu kami lakukan, sebagai upaya agar tidak terjadi pungli," terangnya.



Leo juga menerangkan, selain mempertahankan kualitas pelayanan , pihaknya juga akan terus meluncurkan beragam inovasi pelayanan masyarakat. Contoh inovasi pelayanan masyarakat yang telah diluncurkan, adalah aplikasi Jogo Malang, dan Arema Police Sobo Kelurahan.

Dalam aplikasi Jogo Malang, terdapat fitur panic button on hand, polisi RW, aplikasi Kampung Tangguh, E-SKCK, E-SPKT, E-SIM, dan layanan Wadul.Sedangkan untuk layanan Arema Police Sobo Kelurahan, merupakan layanan kepolisian yang akan berkeliling dan berhenti di setiap kelurahan yang ada di Kota Malang.

Ada tiga kendaraan layanan Arema Police Sobo Kelurahan. Yaitu Bus Arema Police Sobo Kelurahan, bus SIM Keliling, dan kendaraan Samsat Keliling. Sehingga di dalam Arema Police Sobo Kelurahan itu, masyarakat bisa menikmati beragam layanan dari Polresta Malang Kota. Yaitu perpanjangan SIM A dan C, perpanjangan SKCK, pelayanan laporan kehilangan, dan pembayaran pajak tahunan bagi kendaraan roda dua dan empat.



"Inovasi yang kami lakukan tidak hanya yang bersifat IT, seperti aplikasi Jogo Malang. Tetapi kami juga mengembangkan inovasi pelayanan publik non IT, seperti Arema Police Sobo Kelurahan tersebut. Dan kami akan terus mengembangkan berbagai inovasi pelayanan masyarakat. Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo yang menginginkan pelayanan kepolisian semudah seperti memesan pizza," pungkasnya.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3172 seconds (0.1#10.140)