Tenaga Kesehatan Berjatuhan Akibat COVID-19, Aplikasi DokterSafe Diluncurkan

Senin, 18 Januari 2021 - 07:42 WIB
loading...
A A A
Menurut Ketua IDI Surabaya, dr Brahmana Askandar, aplikasi DokterSafe sangat luar biasa dan menjadi harapan baru karena untuk keselamatan tenaga kesehatan khususnya dokter.



Untuk itu, IDI Surabaya menghimbau pada semua anggotanya agar mendowload aplikasi DokterSafe. Kata dia, banyak manfaat terutama infomasi penting yang dibutuhkan oleh semua tenaga kesehatan khususnya dokter.

"Contoh, kira-kira kita ini resiko rendah, harus isolasi mandiri atau sehat dan lain-lain. Kemudian kalau kita memerlukan bantuan, paduannya jelas. Kita ke rumah sakit terdekatnya dimana," paparnya.

"Kalau kita lupa tentang protokol kesehatan bagaimana memakai APD yang betul, bagaimana melepas APD yang betul tinggal klik ada videonya. Jadi sangat mempermudah," imbuhnya.



Sementara itu, External Manager DokterSafe, Mohammad Yusuf mengungkapkan, banyaknya informasi tentang COVID-19 yang muncul dari berbagai sumber terkadang tidak bisa dipercaya berakibat fatal bagi nakes. Apalagi jiga nakes lebih senang membuka media sosial dan mencari referensi tentang penanganan COVID-19 dari sana.

"Sehingga informasinya tidak jelas. Bahkan bisa termakan hoax. Dengan adanya DokterSafe ini, nakes bisa mencari informasi secara lengkap dalam satu genggaman. Karena informasi yang kami berikan lebih akurat karena melibatkan ahli yang kompeten di FK Unair," tuturnya.

Aplikasi ini, lanjutnya sangatlah dibutuhkan. Teruntuk bagi nakes yang berada di pelosok daerah. Didaerah pelosok terkadang di sebuah pusat layanan kesehatan, dokter ahli paru tidak tersedia standar-standar yang ditetapkan dalam penanganan COVID-19 .

"Karenanya, informasi komprehensif ada di DokterSafe ini. Sehingga mereka tidak perlu repot untuk mencari informasi yang terkadang tidak jelas. Bahkan kita masukkan video yang berisi bagaimana menggunakan APD yang benar mulai dari level satu hingga tiga. Semua jelas," tandasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)