Kang Emil Cek RS Darurat COVID-19 Secapa AD, Begini Kondisinya

Selasa, 12 Januari 2021 - 15:16 WIB
loading...
Kang Emil Cek RS Darurat COVID-19 Secapa AD, Begini Kondisinya
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengecek kesiapan RS darurat COVID-19 di Secapa AD, Hegarmanah, Kota Bandung, Selasa (12/1/2021). Foto/Humas Pemprov Jabar
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengunjungi kompleks Sekolah Calon Perwira (Secapa) Angkatan Darat (AD) yang kini difungsikan sebagai rumah sakit (RS) darurat bagi pasien COVID-19 .

(Baca juga: Memaknai Efikasi Vaksin Sinovac 65,3 % )

Kunjungan Ridwan Kamil tersebut sekaligus untuk mengecek kesiapan RS darurat yang berlokasi di kawasan Hegarmanah, Kota Bandung tersebut sebelum difungsikan menampung pasien-pasien COVID-19 , khususnya yang berjalan ringan.

"Hari ini saya bersama Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) mengunjungi kesiapan rumah sakit darurat yang sudah kami setujui dari Komite Penanggulangan COVID-19 , terletak di secapa AD, Hegarmanah Bandung," ujar Ridwan Kamil seusai pengecekan, Selasa (12/1/2021).



Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu pun menyampaikan terima kasihnya kepada Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa dan Komandan Secapa AD, Mayjen TNI Ferry Zein beserta jajarannya yang telah memberikan RS darurat dalam upaya menanggulangi COVID-19 di Jabar.

"Terima kasih kepada Jenderal Andika beserta jajaranya, Mayjen Ferry selaku Komandan Secapa yang sudah menyiapkan tempat istimewa ini dalam rangka kesiapan kita dalam penanggulangan COVID-19 ," ucapnya.

(Baca juga: Butuh Uang untuk Berobat Mertua, Suami Ini Tega Jajakan Istri Jadi Pemuas Seks )

Lebih lanjut, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengaku bersyukur dengan kehadiran RS darurat COVID-19 di Secapa AD yang dinilainya membantu menekan tingkat kapasitas RS rujukan COVID-19 di Jabar yang rata-rata kini hampir penuh.

"Bed occupancy ratio di Jabar memang sedang meningkat, walaupun Minggu ini sudah agak menurun sedikit," imbuhnya.

Menurut Kang Emil, pengecekan yang dia lakukan untuk memastikan standar keamanan dalam penanganan pasien COVID-19. Berdasarkan hasil pengecekan, kata Kang Emil, fasilitas yang tersedia di RS darurat tersebut sangat memadai.

"Setelah kami mendengarkan paparan dari Kapesdam (Kepala Penerangan Kodam III/Siliwangi) dan juga melihat langsung, tempatnya sangat memadai, penuh dengan cahaya matahari, pepohonan. Sehingga, harusnya orang yang ke sini sembuhnya lebih cepat karena suasananya rileks," tuturnya.

(Baca juga: Satpam SPBU Gemparkan Muaro Jambi, Cabuli Gadis Cantik Berusia 6 Tahun )

Kang Emil menyebutkan, kapasitas tempat tidur di RS darurat tersebut mencapai 180 tempat tidur yang dikhususkan bagi pasien COVID-19 bergejala ringan yang ditetapkan melalui prosedur medis.

"Dokter-dokter dan perawat berjumlah 32 orang, sementara didatangkan dari Rumah Sakit Dustira Angkatan Darat di Cimahi, sehingga rumah sakit pembinanya adalah Rumah Sakit Dustira Cimahi," sebut Kang Emil.

Kang Emil juga mengatakan, Komite Penanganan COVID-19 Jabar kini sedang menyiapkan prosedur teknis dalam penanganan pasien COVID-19 di RS darurat tersebut. Pasalnya, kata Kang Emil, RS darurat tersebut tidak hanya diperuntukan bagi warga Bandung dan sekitarnya saja.

"(RS darurat) Ini untuk wilayah minimal di daerah Priangan, misalnya Tasik, Garut, Kabupaten Bandung, dan sebagainya, mengalami tekanan seperti di kota. (Pasien dari) Tasikmalaya itu dipersilakan datang ke sini dengan fasilitasi transportasi dari kami secara gratis," tegasnya.

(Baca juga: Banjir dan Longsor Terjang Solok, Ribuan Rumah Warga Terendam )

Kang Emil berpesan, pihak pengelola RS darurat dapat menggelar acara-acara kreatif penuh kegembiraan untuk menghibur sekaligus meningkatkan imunitas pasien yang menjalani perawatan, seperti kegiatan olahraga outdoor yang menyenangkan.

"Kemudian, tadi saya titip internet segera dipasang. Pasien pasti semua punya hape lah ya, biar enggak bosen. Kita kasih wifi gratis di sini, tapi dinasehati yang diakses adalah hal-hal yang positif, yang baik," katanya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)