Ini Makna Museum Olahraga dan Harapan Risma pada Anak Muda

Kamis, 24 Desember 2020 - 12:31 WIB
loading...
Ini Makna Museum Olahraga dan Harapan Risma pada Anak Muda
Musem Olahraga yang ada di area Gelora Pancasila menjadi legacy Tri Rismaharini bagi anak-anak di Surabaya.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Setelah diangkat menjadi Menteri Sosial, Tri Rismaharini ingin sekali meresmikan Museum Olahraga yang sejak beberapa tahun terakhir dipersiapkan di area Gelora Pancasila.

Bangunan yang ada di Jalan Indragiri Surabaya itu juga dilengkapi dengan diorama. Pada rencana awal, penempatan Museum Olahraga itu bakal berada di bawah tribun karena lokasinya yang cukup luas. Namun, posisi itu akan mengganggu jalannya sirkulasi museum dengan pengunjung Gedung Gelora Pancasila itu sendiri.

Apalagi Gelora Pancasila ini merupakan bangunan cagar budaya, oleh sebab itu pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan tim cagar budaya terkait perubahan konsep tersebut. Salah satunya yakni, rencana perubahan area parkir.

(Baca juga: Risma Diagendakan Meresmikan Museum Olahraga, Namun Tiba-tiba Batal, Ada Apa? )

Konsep Museum Olahraga ini akan memadukan antara Gelora Pancasila dengan Lapangan Thor. Sehingga nantinya museum ini akan dibuat seperti Museum Tugu Pahlawan. Museum tini lebih interaktif jika ada diorama seperti Museum Tugu Pahlawan.

Selain dilengkapi diorama, Museum Olahraga juga diberi sentuhan digital. Makanya suhu ruangan harus terjaga kelembapan dan terlindung dari paparan sinar matahari di museum tersebut. Sebab, benda-benda bersejarah itu sebagian besar membutuhkan suhu yang lembap. Bahkan koleksi baju para atlet pun juga harus diletakkan di kondisi yang lembap.

Ada berbagai koleksi barang istimewa di Museum Olahraga. Salah satunya sumbangan raket dan kaos milik Minarti Timur dan Alan Budikusuma, legenda bulutangkis di Indonesia.

(Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru Saat Pandemi, Volume Penumpang Tujuan Bali Turun 90% )

Berbagai barang yang telah disumbangkan oleh para atlet itu, akan diberikan tulisan penjelasannya. Seperti raket, nantinya raket itu akan diberi penjelasan tentang raket itu digunakan pada saat bertanding di mana dan kejuaran apa.

Penjelasannya juga akan dilengkapi background pendidikan Minarti atau Alan. Tujuan akhirnya, memang untuk anak-anak Surabaya supaya membangkitkan semangat dan menggugah semangat anak-anak untuk bisa berprestasi juga seperti senior-seniornya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4052 seconds (0.1#10.140)