Jejak SM Amin Nasution, Gubernur Sumut Pertama yang Dapat Gelar Pahlawan Nasional

Selasa, 10 November 2020 - 12:14 WIB
loading...
A A A
"Penganurahan pahlawam SM amin pahlawan nasional merupakan kebanggaan dan prestasi bagi masyarakat sumatera utara," ujar sejarawan Universitas Sumatera Utara, Budi Agustono.

SM Amin menjadi Pahlawan Nasional ke-12 dari Sumatera Utara. Penetapan ini merupakan hadiah tak ternilai bagi masyarakat Sumatera Utara. (Baca juga: Keluarga Besar Polri Bangga Kapolri Pertama RS Soekanto Menjadi Pahlawan Nasional)

Karena memperlihatkan tokoh-tokoh Sumatera Utara berkontribusi penting dalam perjuangan bangsa Indonesia. Nama SM Amin segera akan diabadikan menjadi nama jalan dan nama gedung di Sumatera Utara.

"Besok tambah satu, SM Amin Nasution, berarti di Sumut ada pahlawan kita jumlahnya 12," ujar Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Atas seluruh pengalaman SM Amin tampil sebagai salah satu tokoh intelektual Indonesia dalam bidang hukum. (Baca juga: Enam Tokoh Ini Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional)

Sejak tahun 1954 hingga akhir hayatnya, SM Amin sangat produktif menulis dan menghasilkan banyak buku tentang hukum dan pandangan kritis terhadap keadaan Indonesia pada saat itu. Setidaknya terdapat 12 buku yang telah diterbitkan dan dicetak ulang pada saat ini.

SM Amin wafat pada tanggal 16 April 1993 dan telah meninggalkan semangat pergerakan pemuda, mozaik sejarah perjuangan, dan pemikiran kritis bagi generasi bangsa Indonesia sampai kapan pun.
(boy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)