Lewat FKDB Sentuhan Ayep Zaki Mampu Bangkitkan Ratusan UMKM dan Dunia Pendidikan

Selasa, 13 Oktober 2020 - 01:47 WIB
loading...
A A A
FKDB telah melakukan berbagai hal, diawali dengan berdirinya penggilingan padi di Sukabumi Jawa Barat. Kemudian mengembangkan perekonomian di berbagai titik usaha sesuai dengan kompetensi dasar pengelolanya. Juga menanam modal usaha di berbagai lapangan pekerjaan. Termasuk merencanakan kaderisasi dan berdirinya beberapa UMKM.

Banyak permasalahan mendasar yang kerap muncul dalam pemberdayaan seperti ketersediaan modal, kompetensi para pengelola, integritas, legalitas unit usaha bahkan nilai yang menjamin kelangsungan UMKM itu sendiri.(BACA JUGA: Tingkatkan Akses Permodalan Bagi UMKM Melalui Program Sertifikasi Hak Atas Tanah)

Dalam mengatasi berbagai persoalan tersebut, Aa Zaki selalu mengarahkan kepada para anggota UMKM untuk mengedepankan potensi resiko terkecil atau paling ringan. Karena permasalah-permasalahan tersebut adalah untuk menguji ketangguhan dalam memperjuangkan cita-cita bersama.

Alhasil, atas kegigihannya, Menteri Perindustrian dan Perdagangan mengganjar Aa Zaki dengan upakarti dalam kepeloporannya dalam industri nasional pada tahun 1997. Ketika itu, penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Tri Sutrisno.

Dia juga mendapat penghargaan yang sama dari Gubernur Jawa Barat atas kepeloporannya dalam bidang UKM dan industri logam pada tahun 2004. Lalu di tahun 2008, dia mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai Inovator Menengah Bidang Usaha Industri Alat Berat tingkat Provinsi Jawa Barat .(BACA JUGA: Digitalisasi UMKM Salah Satu Cara Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat)

Pada tahun 2018 lalu, Aa Zaki telah berhasil merevitalisasi UMKM menjadi 244 unit usaha di 28 provinsi. Membangun sinergitas antar lembaga baik pemerintah maupun swasta. FKBD juga sudah membangun 22 lembaga pendidikan dari PAUD hingga SMA. Saat ini, FKBD tengah menggalakan program Wirausaha Anak Yatim Fakir Miskin (Way Far) di seluruh Indonesia.
(vit)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)