Manisnya Mangga Agrimania asal Indramayu Tembus Eropa dan Timur Tengah

loading...
Manisnya Mangga Agrimania asal Indramayu Tembus Eropa dan Timur Tengah
Buah mangga Agrimania di kebun milik Urip di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Indramayu. Foto/INEWSTv/Toiskandar
A+ A-
INDRAMAYU - Mangga agrimania, mungkin Anda baru mendengarnya. Memasuki musim kemarau, saatnya panen buah mangga Agrimania khas panturaIndramayu, Jawa Barat.Bisnis mangga Agrimania semanis dagingnya.

Mangga Agrimania asal Indramayu ini telah menembus pasar Eropa, Timur Tengah, dan sejumlah daerah di Tanah Air. Maka tak heran saat memasuki musim panen, omzet petani dari penjualan buah ini pun meningkat drastis hingga ratusan juta rupiah.(BACA JUGA:Terungkap, Ini Motif Emak-emak di Sumedang Menggunting Bendera Merah Putih)

Urip, salah seorang petani mangga Agrimania, warga Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Indramayu memiliki 12 hektare tanaman buah mangga Agrimania.

Di musim kemarau saat ini tanaman mangga Agrimania miliknya mulai berbuah dan siap dilakukan panen raya pada November mendatang. (BACA JUGA:Pascapenikaman Syekh Ali Jaber, Polda Jabar Siap Beri Pengamanan Ekstra kepada Ulama)

Dalam sekali panen, biasanya mangga Agrimania yang ditanam Urip bisa menghasilkan 2 ton. Satu butir buah mangga Agrimania bisa berbobot mencapai 600 gram bahkan mencapai 1,2 kilogram. (BACA JUGA:Polisi Usut Emak-emak di Sumedang Gunting Bendera Merah Putih)



Setiap hari kebun mangga Agrimania milik Urip dibantu tujuh belas karyawan membungkus buah tersebut. Pembungkusan dilakukan dengan tujuan agar terhindar dari hama dan pertumbuhan buah tersebut cepat berkembang.

Manisnya Mangga Agrimania asal Indramayu Tembus Eropa dan Timur Tengah

Karyawan membungkus buah mangga agar tak diserang hama. Foto/INEWSTv/Toiskandar

Meski dilanda pandemi COVID-19, buah mangga Agrimania justru diburu para pembeli dari berbagai daerah. Saat ini, harga mangga agrimania dijual dengan harga Rp200 ribu rupiah perkilogram.

Dalam satu tahun buah mangga agrimania dua kali panen, yakni September dan April. Tak heran pemilik kebun buah ini bisa meraup keuntungan sangat besar.

Urip mengatakan, usaha kebun buah Agrimania ini berawal saat mendapatkan pembinaan dari corporate social responsibility (CSR) Pertamina dan mengikuti pelatihan sarana perkebunan.



Selain pembinaan, Urip juga mendapatkan bibit mangga Agrimania sebanyak 2.000 batang. "Hasil buah mangga melimpah dan bisa dipasarkan ke Eropa dan TImur Tengah. Seperti Belanda. Nilai jual mangga Agrimania tinggi ketika masuk ke pasar internasional," kata Urip.

Manisnya Mangga Agrimania asal Indramayu Tembus Eropa dan Timur Tengah

Urip, petani mangga Agrimania di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Indramayu. Foto/INEWSTv/Toiskandar
(awd)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top