Polisi Usut Emak-emak di Sumedang Gunting Bendera Merah Putih

Rabu, 16 September 2020 - 15:49 WIB
loading...
Polisi Usut Emak-emak di Sumedang Gunting Bendera Merah Putih
Emak-emak sedang menggunting bendera dan menebarkannya ke lantai. Foto/Tangkapan Layar Video Viral
A A A
BANDUNG - Polres Sumedang tengah mengusut aksi ibu-ibu atau emak-emak yang menggunting-gunting bendera merah putih menjadi potongan kecil lalu dihambur-hamburkan ke lantai.

Rekaman video aksi emak-emak yang diduga warga Kabupaten Sumedang , Jawa Barat, berdurasi sekitar 29 detik itu viral di media sosial. Dalam video terlihat, emak-emak mengenakan gaun terusan warna merah marun menggunting sebuah bendera merah putih. (BACA JUGA: 5 Pelaku Pencopot Paksa Bendera Merah Putih Dijerat Pasal Pencurian Ringan )

Aksi emak-emak itu direkam oleh temannya. Saat bendera digunting, si perekam tertawa-tawa. Terdengar pula ada yang bertepuk tangan. Bahkan tampak seorang balita bengong melihat aksi emak-emak tersebut. "Rusak-rusak. Hahaha," ujar orang dalam rekaman video tersebut. (BACA JUGA: Resahkan Masyarakat, Polisi Tindak Tegas Remaja Konvoi di Tengah Jalan )

Kasatreskrim Polres Sumedang AKP Yanto Slamet mengatakan, kronologi terungkapnya kasus itu bermula saat polisi sedang melakukan patroli siber. Petugas menerima laporan ada video aksi emak-emak menggunting-gunting bendera merah putih itu dari warga. Polisi segera mencari orang yang terlibat. (BACA JUGA: Pascapenikaman Syekh Ali Jaber, Polda Jabar Siap Beri Pengamanan Ekstra kepada Ulama )

"Iya. Kronologinya kemarin melakukan patroli cyber kemudian di Tiktok ada video seperti itu kemudian kita cari orangnya," kata AKP Yanto Slamet saat dikonfirmasi wartawan melalui sambungan telepon, Rabu (16/9).

Yanto memastikan, belum ada tersangka dalam kasus itu karena polisi masih akan melakukan gelar perkara. Orang-orang yang menggunting bendera merah-putih itu merupakan warga Sumedang. Terduga pelaku masih diperiksa oleh polisi.

Belum diketahui motif para pelaku dalam video menggunting dan membuang potongan bendera merah putih ke lantai. "Hasil pemeriksaan saksi, para pelaku warga Sumedang . Sekarang lagi dilakukan pemeriksaan (terhadap para pelaku)," ujar Kasatreskrim Polres Sumedang.

Menurut AKP Yanto, setidaknya tiga orang terlibat dalam aksi pengguntingan bendera itu dengan peran berbeda. Orang pertama menggunting bendera, kemudian orang kedua merekam video dengan kamera ponsel, dan ketiga mengunggah video tersebut. "Semua yang diduga terlibat masih menjalani pemeriksaan," tutur AKP Yanto.

Untuk mengusut tuntas kasus ini, ungkap dia, penyidik Satreskrim Polres Sumedang telah memeriksa enam saksi untuk dimintai keterangan. "Selain itu, polisi juga mengamankan barang bukti berupa rekaman video, potongan bendera, dan gunting," pungkas Kasatreskrim.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2272 seconds (0.1#10.140)