Kisah Heroik Jenderal Sintong Panjaitan Pimpin Pasukan Senyap Hancurkan PKI Secepat Kilat

Jum'at, 27 September 2024 - 06:04 WIB
loading...
Kisah Heroik Jenderal...
Jenderal Kopassus Sintong Panjaitan. Foto/Istimewa
A A A
TRAGEDI berdarah Gerakan 30 September 1965 yang dilakukan Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) meninggalkan kekosongan di jajaran pimpinan Angkatan Darat (AD). Hal itu membuat peta militer di Indonesia berubah.

Pada saat itu, Menteri/Panglima Angkatan Darat Letjen TNI Ahmad Yani dan sejumlah jenderal senior lainnya diculik dan dibunuh, lalu jenazah mereka dibuang ke Lubang Buaya.

Pagi setelah tragedi itu, pada 1 Oktober 1965, diadakan rapat di Markas Kostrad, Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan tersebut, disepakati Mayjen TNI Soeharto mengambil alih sementara komando Angkatan Darat. Pukul 11.00 WIB, Kolonel Inf Sarwo Edhie Wibowo, Komandan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD), bergerak menuju Kostrad dengan panser.



Dalam bukuSintong Panjaitan: Perjalanan Prajurit Para Komando, Hendro Subroto menceritakan langkah pertama Sarwo Edhie setelah berkoordinasi dengan Soeharto adalah merencanakan operasi merebut kembali Radio Republik Indonesia (RRI) Pusat.

Kisah Heroik Jenderal Sintong Panjaitan Pimpin Pasukan Senyap Hancurkan PKI Secepat Kilat


Kemudian Kantor Besar Telekomunikasi yang dikuasai PKI. Pada siang hari, Sintong Panjaitan, yang saat itu menjadi Komandan Peleton 1 Kompi Tanjung, diberi tugas menjaga Markas Kostrad tersebut.

Sarwo Edhie memberikan perintah melalui Mayor CI Santoso kepada Lettu Inf Feisal Tanjung, yang kemudian diteruskan kepada Sintong Panjaitan. Tugas Sintong adalah merebut RRI dari tangan PKI dalam waktu sesingkat-singkatnya.

“Tong, kamu rebut RRI. Tutup mulut mereka yang mendukung Dewan Revolusi, kuasai secepatnya dan laporkan ke saya di Makostrad,” kata Feisal Tanjung kepada Sintong.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)