Kisah Tragis Lettu Sudaryanto, Gugur dalam Pelukan Prabowo Subianto di Operasi Seroja Timor Timur

Sabtu, 21 September 2024 - 05:48 WIB
loading...
Kisah Tragis Lettu Sudaryanto,...
Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto saat masih aktif menjadi prajurit di Kopassus. Foto/Istimewa
A A A
DALAM perjalanan karier militernya, Prabowo Subianto menyaksikan berbagai peristiwa tragis, termasuk kehilangan rekan-rekannya dalam Operasi Seroja di Timor Timur. Hal itu membuat Presiden RI ke-8 itu sangat tangguh di medan perang.

Salah satu momen paling memilukan adalah ketika Letnan Satu (Lettu) Sudaryanto, komandannya di Unit C Pasukan Nanggala 10, gugur dalam pelukannya saat bertugas di Maubara, Timor Timur.

Kisah ini diungkapkan oleh Prabowo dalam biografinya berjudul “Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto”.



Pada saat itu, Prabowo masih berpangkat Letnan Dua bertugas sebagai Perwira Intelijen di bawah komando Mayor Inf. Yunus Yosfiah. Karena banyak perwira yang gugur, Prabowo kemudian diangkat sebagai Wakil Komandan Unit C, dengan kekuatan sekitar 20 prajurit.

Kisah Tragis Lettu Sudaryanto, Gugur dalam Pelukan Prabowo Subianto di Operasi Seroja Timor Timur


Dalam salah satu misi untuk merebut ketinggian di atas Kota Maubara, pasukan Prabowo diserang secara mendadak oleh kelompok bersenjata Fretilin. Baku tembak pun tak terhindarkan, dan Lettu Sudaryanto yang berada di garis depan tertembak.

Serangan tersebut memaksa pasukan Unit C mundur dan bertahan di parit. Dalam keadaan kritis, Sudaryanto memanggil Prabowo dan anak buahnya untuk membantunya. Prabowo memutuskan untuk merayap ke depan, meski berbahaya karena musuh masih aktif menembaki.

Meskipun medan yang sulit dan beratnya tubuh Sudaryanto menghambat upaya penyelamatan, akhirnya beberapa prajurit bergabung untuk mengevakuasi Sudaryanto ke garis belakang.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)