Sukseskan Program PAT, Kementan dan Pemkab Batola Lakukan Panen Bersama

Kamis, 05 September 2024 - 13:01 WIB
loading...
A A A
Lokasi panen bersama berada di hamparan seluas 90 Ha dengan varietas yang ditanam petani adalah siam madu, dengan provitas mencapai 5.7 ton/Ha. Perlu diketahui bahwa varietas tersebut merupakan varietas yang disukai oleh masyarakat lokal.

Panen dilakukan menggunakan mekanisasi combine harvester. Bustanul mengapresiasi hasil kerja petani, hingga bisa mencapai panen dengan hasil yang bagus. “Panen padi ini luar biasa, kita bisa lihat hasil kerja petani, semoga harga beras juga bagus,” katanya.

Selain itu, untuk mendukung program Upaya Khusus Antisipasi Darurat Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Bustanul berharap agar IP segera ditanami kembali selagi masih bisa tanam. Hal ini guna mencapai target PAT melalui oplah, pompanisasi dan tumpang sisip.

Sebab kondisi perubahan iklim bisa menghambat pencapaian target produksi nasional.

Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian yang mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalsel, Amarullah mengatakan keunggulan dari varietas siam madu selain disukai masyarakat juga umur panen lebih cepat hanya 120 hari.

“Selain itu perlu upaya hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah hasil panen, sehingga kesejahteraan petani lebih baik. Sedangkan kendalanya perlu hilirisasi pasca panen, seperti penggunaan mesin penggilingan sederhana, agar keuntungan petani,” katanya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Batola Murniati menyampaikan apresiasi yang luar biasa dan hal ini merupakan kebanggaan baginya bersama petani bahwa panen kali ini dihadiri langsung oleh Kementan yang diwakili oleh Kapusluhtan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Batola, Kepala BBPP Binuang, Kepala SMK-PPN Banjarbaru, BSIP Kalsel, BSIP Lahan Rawa, Camat, Babinsa, Kapolsek, Kepala Desa Kecamatan Jejangkit.

Kemudian petani, penyuluh pertanian, petugas Pengendali Organisme Pengendali Tumbuhan (POPT), dan mahasiswa KKN dari Universitas Lambung Mangkurat.
(ams)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)