Sukseskan Program PAT, Kementan dan Pemkab Batola Lakukan Panen Bersama

Kamis, 05 September 2024 - 13:01 WIB
loading...
Sukseskan Program PAT,...
Kementan terus meningkatkan produksi dan produktivitas melalui program Perluasan Areal Tanam (PAT) di Batola. Foto/Istimewa
A A A
BATOLA - Kementerian Pertanian (Kementan) terus meningkatkan produksi dan produktivitas melalui program Perluasan Areal Tanam (PAT) dengan tiga aksi strategisnya yaitu optamisasi lahan (oplah) rawa, pompanisasi, dan tumpang sisip (tusip) padi gogo.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa untuk mengantisipasi peningkatan produksi padi dan jagung, dapat dilakukan dengan luas tambah tanam pada luas lahan baru sawah yang eksisting, gerakan pompanisasi, optimasi lahan rawa, dan tusip padi gogo.

"Kami juga berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan sektor pertanian serta kesejahteraan petani di Indonesia,” ujar Mentan Amran dikutip Kamis (5/9/2024).



Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Idha Widi Arsanti mengatakan jika program PAT ini untuk memenuhi kebutuhan pangan yang kedepannya akan semakin meningkat.

"Program PAT ini difokuskan karena kebutuhan kedepan akan sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan pangan yang tersedia. Selain itu kami berharap nantinya ada pemberdayaan KWT yang telah mampu berusaha agar dapat di tularkan ke sekitarnya,” jelas Santi.

Santi menambahkan bahwa peran penyuluhan dalam pengawalan PAT juga sangat krusial uqntuk memastikan bahwa teknik dan metode yang digunakan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, sehingga hasil yang dicapai dapat maksimal.

Penyuluh pertanian diharapkan dapat memberikan bimbingan dan dukungan teknis yang diperlukan bagi petani disetiap kabupaten.

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian (Kapusluhtan) Bustanul Arifin Caya bersama-sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel dan Dinas Pertanian Kabupateb Barito Kuala (Batola) melakukan panen padi bersama di Desa Jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2318 seconds (0.1#10.140)