Kisah Rara Mendut, Legenda Cinta Romeo dan Juliet dari Tanah Jawa

Jum'at, 30 Agustus 2024 - 06:24 WIB
loading...
A A A
Meski begitu, Rara Mendut tak gentar dan teguh pada pendiriannya. Oleh karena masih dalam pengawasan prajurit Mataram, Roro Mendut kemudian meminta izin untuk berdagang rokok di pasar.

Tumenggung Wiraguna pun menyetujuinya. Ternyata, dagangan rokoknya laku keras, bahkan, orang juga beramai-ramai membeli puntung rokok bekas isapan Rara Mendut.

Suatu hari, ketika sedang berjualan di pasar, Rara Mendut bertemu dengan Pranacitra yang sengaja datang mencari kekasihnya. Pranacitra berusaha mencari jalan untuk bisa melarikan kekasihnya dari Mataram.

Setiba di istana, Rara Mendut menceritakan perihal pertemuannya dengan Pranacitra kepada Putri Arumardi, salah seorang selir Wiraguna, dengan harapan dapat membantunya keluar dari istana.

Rara Mendut tahu persis bahwa Putri Arumardi tidak setuju jika Wiraguna menambah selir lagi.

Putri Arumardi dan selir Wiraguna lainnya yang bernama Nyai Ajeng menyusun siasat untuk mengeluarkan Rara Mendut keluar dari istana. Bersama dengan Pranacitra, Roro Mendut berusaha untuk kembali ke kampung halamannya di Kadipaten Pati.

Sayangnya, pelarian itu justru diketahui oleh Wiraguna. Pasangan itu kemudian ditangkap dan dibawa kembali ke Mataram.

Secara diam-diam Wiraguna meminta anak buahnya untuk membunuh kekasih Rara Mendut. Setelah itu, dirinya kembali meminta Rara menerima tawarannya untuk menjadi selir.

Rara Mendut rupanya tetap menolak, dan dari situlah dia diberitahu jika kekasihnya telah meninggal. Setelah mengetahui hal itu, Rara langsung marah besar dan memilih untuk bunuh diri.

Itulah akhir kisah cinta Rara Mendut yang sudah dibawa kemana-mana dan ditawari harta oleh sejumlah petinggi kerajaan, karena kecantikannya. Namun ia tetap setia dengan sang kekasih hingga akhir hayat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)