Kisah Rara Mendut, Legenda Cinta Romeo dan Juliet dari Tanah Jawa

Jum'at, 30 Agustus 2024 - 06:24 WIB
loading...
Kisah Rara Mendut, Legenda...
Rara Mendut atau Roro Mendut adalah salah satu sosok legenda yang kerap muncul di cerita rakyat klasik. Foto/Ilustrasi
A A A
Rara Mendut atau Roro Mendut adalah salah satu sosok legenda yang kerap muncul di cerita rakyat klasik. Dirinya digambarkan sebagai wanita yang punya paras menarik.

Terdapat cukup banyak versi cerita Rara Mendut yang beredar di masyarakat. Salah satu kisah yang cukup populer adalah kisah cintanya dengan Pranacitra atau Pronocitro.

Kisah Rara Mendut ini muncul ketika era Kerajaan Mataram Islam dipimpin oleh Sultan Agung. Rara adalah gadis cantik yang dijadikan anak angkat oleh seorang nelayan bernama Kakek Siwo, yang berasal dari desa pesisir Telukcikal, Pati, Jawa Tengah.

Kisah Rara Mendut


Kisah cinta Rara Mendut ini bermula ketika berita kecantikannya telah tersebar dan didengar oleh Adipati Pragolo II. Penguasa Kadipaten Pati itu pun bermaksud menjadikannya sebagai selir.

Sayangnya, ajakan Adipati Pragolo II ini selalu ditolak oleh Rara Mendut. Dari situlah sang penguasa kadipaten mengutus beberapa pengawalnya untuk menculik wanita cantik tersebut.



Sebelum resmi dinikahi oleh Adipati Pragolo II, Kadipaten Pati sedang terjadi gejolak. Sultan Agung menuding Adipati Pragolo II sebagai pemberontak karena tidak mau membayar upeti kepada Kesultanan Mataram.

Dari situlah terjadi peperangan antara Kesultanan Mataram dengan Kadipaten Pati yang menyebabkan Adipati Pragolo II tewas.

Para prajurit yang dikomandani panglima perang Mataram, Tumenggung Wiraguna lantas segera merampas harta kekayaan Kadipaten Pati, termasuk Roro Mendut.

Karena langsung jatuh cinta dengan kecantikan Rara Mendut, Tumenggung Wiraguna lantas membujuknya untuk dijadikan selir. Namun tawaran itu selalu ditolak oleh Rara Mendut.

Bahkan, di hadapan panglima itu, ia berani terang-terangan menyatakan bahwa dirinya telah memiliki kekasih bernama Pranacitra. Sikap Roro Mendut yang keras kepala itu membuat Tumenggung Wiraguna murka.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)