Kisah Haji Darip, Jawara Sakti Bekasi yang Bikin Merinding Ketakutan Pasukan Belanda

Selasa, 27 Agustus 2024 - 09:14 WIB
loading...
A A A


Sekutu mendapatkan berbagai informasi tentang kumpulan Garong, sekutu menduga geng ini terbentuk di sekitar Ujung Menteng, salah satu laporan lain menyebutkan Kali Abang sebagai tempat asalnya.

Pendiri dan pemimpin geng ini konon adalah Haji Mansur. Sehubungan dengan kegiatan Haji Mansur di lingkungan kota beberapa bulan yang lalu dan hubungannya dengan komplotan pengaruh Haji Darip di sekitar Kali Abang.

Serta wilayah aksi komplotan tersebut di Jakarta (kelompok Kramat tampaknya merupakan kelompok yang sama dan kelompok lainnya). Mereka juga menggunakan lambang Banteng Merah.

Menurut laporan yang sama, yang menyebut Kali Abang sebagai tempat asal kumpulan Garong, komplotan ini diperkirakan sudah tiba di sana sekitar awal 1 Januari 1946. Lalu kemudian menghilang, yang kira-kira sama dengan kemunculan geng ini di lingkungan Kramat.

Berdasarkan informasi yang dimaksud, komplotan ini diduga ditangkap oleh TKR dan telah diusir (Ini mungkin berarti tanggungjawab dari TKR mengamankan “tentara” Haji Darip).
(ams)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1576 seconds (0.1#10.140)