Kisah Cinta Pierre Tendean, Rela Masuk Islam Tapi Kandas di Tangan PKI

Kamis, 22 Agustus 2024 - 10:44 WIB
loading...
Kisah Cinta Pierre Tendean,...
Kisah percintaan Pierre Tendean dengan sang kekasih, Rukmini Chamim bikin terenyuh. Foto/Istimewa
A A A
KAPTEN Pierre Tendean seorang perwira muda TNI yang menjadi salah satu korban Gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI), dikenal tidak hanya karena pengabdiannya kepada negara, tetapi juga karena kisah cinta tragisnya dengan sang kekasih, Rukmini Chamim.

Wajah tampan dan karier cemerlangnya sebagai ajudan termuda Jenderal A.H. Nasution membuatnya dikenang, namun sedikit yang tahu tentang kisah asmara yang harus berakhir tragis dan membuat terenyuh.

Ditulis dalam buku “Sang Patriot Kisah Seorang Pahlawan Revolusi, Biografi Resmi Pierre Tendean", perjalanan cinta Pierre dan Rukmini bermula ketika dua sahabat Pierre, Satrijo Wibowo dan Setijono Hadi mengajaknya berkenalan dengan Rukmini.



Meski awalnya Pierre menolak karena ingin fokus pada latihan di Yonzipur I, akhirnya ia menyerah dan setuju untuk bertemu dengan Rukmini. Pertemuan itu membuahkan hasil, Pierre sering mengunjungi rumah Rukmini di Jalan Sekop 4B Medan berdekatan dengan asramanya.

Rukmini, atau Mimin, adalah gadis berdarah Jawa asal Yogyakarta yang dikenal saleh dan taat beragama. Dia juga berasal dari keluarga terpandang di Medan, dengan kekerabatan yang erat dengan tokoh-tokoh militer terkenal, termasuk Jenderal Sumitro dan Arie Bandijoko.

Rukmini adalah anak sulung dari empat saudara dari pasangan Bapak dan Ibu Raden Chamim Rijo Siswopranoto. Chamim adalah seorang wiraswasta yang cukup sukses di Sumatera Utara (Sumut) saat itu.



Ibunda Mimin masih memiliki hubungan kekerabatan dengan istri Jenderal Sumitro, mantan Panglima ABRI dan Pangkopkamtib di era 1970-an. Rukmini juga adalah keponakan dari Bantu Hardio, seorang perwira Intel TNI AD yang menikah dengan adik ibunda Rukmini.

Sedangkan Bantu Hardio merupakan adik Arie Bandijoko, komandan kompi taruna selama tahun pertama Pierre di Atekad dan pernah juga menjabat sebagai Asintel KSAD.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)