Kisah Sultan Mataram Singkirkan Untung Surapati usai Menang Perang Lawan Belanda

Selasa, 27 Agustus 2024 - 07:33 WIB
loading...
Kisah Sultan Mataram...
Lukisan terbunuhnya Kapten Tuck oleh Untung Surapati. Foto/ Tropenmuseum/Indonesia.go.id
A A A
UNTUNG Surapati diusir dari Kartasura usai berhasil membunuh pimpinan perang VOC Belanda. Untung Suropati sendiri berhasil membunuh Kapten Tack yang menjadi komandan pasukan VOC dengan tombak sakti.

Hal ini agar Kerajaan Mataram yang kala itu berpusat di Kartasura, bisa aman dan tak ditagih utang. Kebetulan memang Kesultanan Mataram saat itu memiliki utang kepada VOC.

Maka agar gak mempengaruhi hubungan antara dengan pimpinan VOC Belanda, penguasa Mataram kala itu Sultan Amangkurat II menyingkirkan Untung Surapati.



Sang sultan memiliki ide strategi cerdas dengan diangkat sebagai adipati di wilayah luar yang jauh di timur, yakni di Pasuruhan dengan gelar Wiranegara.

Taktik memberinya jabatan itu sebenarnya untuk menyingkirkan Untung Surapati secara halus. Tanggungjawabnya sebagai raja untuk menjaga keamanan Kartasura dari perang melawan VOC, membuat strategi cerdas ini muncul.

Hal ini juga tercantum dalam "Untung Surapati : Melawan VOC Sampai Mati: Kisah dan Sejarah Hidup Untung Surapati Sejak Jadi Budak Hingga Pahlawan".

Siasat tersebut ditujukan untuk meyakinkan pada VOC bahwa Sunan Amangkurat II ingin menangkap Untung Surapati yang akan memberontak terhadap Kartasura dan telah membunuh Kapten Tack.



Selain Untung Surapati, Sunan Amangkurat II pula menyingkirkan Patih Anrangkusuma. Sebab Anrangkusuma yang anti VOC tersebut melindungi Untung Surapati, yang merupakan putra menantunya sendiri.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)