Pesan Menyentuh Rektor Universitas Brawijaya Pimpin Wisuda Mengenakan Syal Palestina

Senin, 15 Januari 2024 - 20:04 WIB
loading...
Pesan Menyentuh Rektor Universitas Brawijaya Pimpin Wisuda Mengenakan Syal Palestina
Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof Widodo mengenakan syal berlambang bendera Palestina saat memimpin prosesi wisuda di Malang. Foto/Humas UB
A A A
MALANG - Penampilan berbeda ditunjukkan Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof Widodo dan Ketua Senat saat prosesi wisuda. Rektor mengenakan syal berlambang bendera Palestina dalam wisuda periode 9 Tahun Akademik 2023-2024, di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya, pada Minggu (14/1/2024).

Menurut Prof Widodo, penggunaan syal berlambang bendera Palestina ini menunjukkan aksi dukungan dan solidaritas terhadap warga Palestina. Pasalnya saat ini Israel yang tengah menginvasi Palestina disidang di mahkamah internasional atas tuduhan genosida atau pembunuhan massal ke warga Palestina.



"Ini merupakan salah satu upaya nyata untuk mengungkapkan keprihatinan terhadap kondisi sulit yang tengah dihadapi oleh masyarakat di Palestina," ucap Prof. Widodo, saat dikonfirmasi pada Senin (15/1/2024).



Rektor kelahiran Balen, Bojonegoro ini menegaskan, bagaimana keputusan menggunakan syal berlambang Palestina oleh dirinya bersama Ketua Senat Universitas Brawijaya bukan hanya sebagai simbol belaka.

Akan tetapi sebagai tindakan nyata yang mencerminkan nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan yang dijunjung tinggi oleh universitas.

"UB juga terus berupaya membekali para anak didik, agar semua mahasiswa memahami peran dan posisi menjadi bagian dari anak negeri, yang harus terus berusaha agar bangsa ini juga menjadi lebih baik," ungkap Widodo.


"Kita juga menjadi bagian dunia, apa yang terjadi di ujung dunia juga merupakan tanggungjawab kita. Hari ini, UB juga turut berduka atas banyaknya tragedi kemanusiaan yang terjadi. Kita doakan, semoga tragedi kemanusiaan di Palestina segera berakhir," imbuhnya.

Ia pun mengajaknya mahasiswanya dan para wisudawan untuk tetap berpartisipasi aktif dalam aksi kemanusiaan di manapun dan kapanpun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2615 seconds (0.1#10.140)