Kisah Raja Airlangga Muda Bertapa demi Wangsit Dirikan Kerajaan Kahuripan

Minggu, 10 Desember 2023 - 06:11 WIB
loading...
A A A
Tapi bagi para teolog yang seiman dengannya pada zaman itu, pengalamannya punya arti lebih.

Mereka memandangnya sebagai periode perhimpunan ilmu gaib dan kekuasaan yang mereka yakini ada dalam segala sesuatu di bumi dan yang mencapai perwujudan paling tinggi pemakaiannya, secara sadar oleh mereka yang ahli dalam kekuatan gaib.

Pada awalnya kekuasaan Airlangga terbatas, dia hanya memerintah satu wilayah di dekat Surabaya, dan banyak raja lokal menolak klaimnya untuk berkuasa atas semua wilayah.



Tapi lama - lama Airlangga berhasil menaklukkan semua musuhnya dan mempersatukan Jawa bagian timur, di bawah pemerintahannya.

Ambisi tidak lebih dari itu, walau pun kekuasaan Airlangga tidak sangat luas, reputasinya sangat besar sehingga raja - raja lebih kecil mencoba meniru kejayaan pemerintahannya.

Raja Airlangga menghidupkan kembali negara Jawa Timur, tapi generasi berikutnya menuduhnya menghancurkan hasil karyanya sendiri dengan membagi kerajaannya di antara dua putranya. Ia membagi kekuasaannya lantaran sama - sama menyayangi keduanya.

Kedua kerajaan itu Kerajaan Panjalu dan Kerajaan Janggala. Letak keduanya dipisahkan Gunung Kawi dan Sungai Brantas. Wilayah Kediri terletak sebelah barat Gunung Kawi, sedangkan Janggala di sebelah timur gunung.
(ams)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)