5 Fakta Pulau Madura, Tempat Kelahiran Mahfud MD Dijuluki Pulau Garam

Minggu, 19 November 2023 - 10:00 WIB
loading...
A A A
Kabarnya, pulau ini telah dikenal sebagai wilayah penghasil garam sejak zaman pemerintahan Belanda. Fakta ini diperkuat dengan keberadaan pabrik garam yang didirikan di Kalianget, Sumenep pada tahun 1914.

2. Pemasok Garam Untuk Indonesia


Pulau Madura telah berperan sebagai salah satu pemasok garam di Indonesia selama kurang lebih 500 tahun. Dilaporkan bahwa peran Pulau Madura sebagai pemasok garam di Indonesia sudah dimulai sejak abad ke-15.

Hal ini menjadi salah satu faktor utama yang menjadikan Madura dikenal sebagai Pulau Garam.

3. Mendukungnya Kondisi Geografis


Madura memang memiliki kondisi geografis yang sangat ideal sebagai pulau penghasil garam di Indonesia. Dengan suhu rata-rata sekitar 26,9 derajat Celsius, pulau ini mengalami musim kemarau yang berkepanjangan,yakni mencapai 4-5 bulan.

Kondisi ini membuat Madura sangat cocok untuk aktivitas budidaya garam.

4. Punya Cara Sendiri


Di Pulau Madura, setiap kabupaten memiliki tambak garam rakyat dengan kapasitas produksi yang cukup besar. Pulau Madura dibagi menjadi tiga wilayah pembuatan garam:

Yaitu Kabupaten Sumenep di bagian timur, Kabupaten Pamekasan di bagian tengah, dan Kabupaten Sampang di bagian barat.

Keistimewaan ini berasal dari air laut yang sangat kental di sungai dan muara, yang mengandung banyak mineral garam. Proses membuat garam di Pulau Madura ini sering disebut dengan cara 'Madurese' atau cara orang Madura.

Mereka membuat garam dengan mengkristalkan air laut secara menyeluruh, dan garam diambil dari lapisan paling bawah hingga paling atas. Setelah itu, garam tersebut dapat diolah untuk kebutuhan industri dan konsumsi.

5. Tak Banyak Sumber Air Tawar


Madura merupakan sumber penghasil Garam terbesar di Indonesia. Hal ini dapat terjadi karena Pulau Madura dikelilingi oleh lautan dan memiliki sedikit sungai serta sumber air tawar.

Meskipun produksi garam hanya terjadi di sepanjang pantai selatan Madura, air laut di daerah ini memiliki kandungan garam yang tinggi karena minimnya sungai dan sumber air tawar yang masuk ke laut.
(ams)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2048 seconds (0.1#10.140)