7 Fakta Sakera, Pahlawan Terlupakan dari Pasuruan Jawa Timur

Kamis, 10 Oktober 2024 - 11:30 WIB
loading...
7 Fakta Sakera, Pahlawan...
Sakera dikenal sebagai tokoh pejuang di masa kolonialisme yang berasal dari Pasuruan, Jawa Timur. Foto/Ilustrasi
A A A
SAKERA dikenal sebagai tokoh pejuang di masa kolonialisme yang berasal dari Pasuruan, Jawa Timur. Terdapat beberapa fakta menarik tentang sosok pahlawan anti kolonialisme yang jarang diketahui orang.

Sosok Sakera mungkin terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia, namun nama tersebut tidaklah asing bagi warga Jawa Timur, terutama yang tinggal di Pasuruan.



Sakera dikenal sebagai sosok pahlawan yang sangat menentang kolonialisme. Tidak hanya itu, dirinya juga merupakan orang yang berjuang keras memberantas praktik Korupsi Kolusi dan Nepotisme di wilayahnya.

7 Fakta Sakera

1. Sakera adalah Nama dari Anaknya


Sebenarnya Sakera bukanlah nama asli dari tokoh ini, karena nama aslinya adalah Sagiman. Hal itu dijelaskan oleh Budayawan Pasuruan, Ki Bagong Sabdo Sinukarta.

Menurut Ki Bagong, “Nama sebenarnya adalah Sagiman. Dalam kondisi susah, istrinya, Leginten, hamil. Saat mau lahiran, Sagiman bernazar jika anak yang lahir laki-laki diberi nama Sakera, kalau perempuan diberi nama Sarah.”



Istri Sagiman akhirnya melahirkan putra laki-laki dan diberi nama Sakera. “Dalam kebiasaan budaya Jawa, lazimnya anak pertama dijadikan panggilan untuk ayah. Sagiman Pakne Sakera, atau Pak Sakera,” jelas Bagong.

2. Ahli Bela Diri Bekerja sebagai Mandor


Sakera dikenal sebagai seorang ahli bela diri yang melawan pemerintahan Belanda di perkebunan tebu di daerah Bangil. Dari situlah dia mendapat julukan 'Sang Kerah' atau yang pandai bertarung.



Sakera bekerja sebagai mandor di perkebunan tebu di Kancil Mas Bangil yang dikelola oleh orang Belanda. Namun karena kerap melawan kolonial, dirinya pun menjadi buronan Belanda.

3. Menentang KKN Belanda


Ketika Belanda membutuhkan banyak lahan baru untuk menanam tebu, mereka menyuruh Carik Rembang untuk bisa menyediakan lahan baru dalam jangka waktu singkat dan murah.

Carik Rembang pun menggunakan cara-cara kekerasan kepada rakyat dalam mengupayakan tanah untuk perusahaan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)