7 Fakta Menarik Tentang Lawu, Gunung Berapi yang Penuh Misteri

Rabu, 05 Juli 2023 - 08:55 WIB
loading...
7 Fakta Menarik Tentang Lawu, Gunung Berapi yang Penuh Misteri
Kisah-kisah mistis yang terkait dengan suatu objek entah itu danau, kawah berapi dan gunung, memiliki daya pikat tersendiri. Kerap cerita mistis itu menjadi magnet yang menarik pengunjung. Foto/Ilustrasi
A A A
KARANGANYAR - Gunung Lawu merupakan sebuah gunung berapi aktif yang terletak di Pulau Jawa, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Diketahui gunung yang satu ini memiliki ketinggian sekitar 3.265 dan menjadi tertinggi ke-8 di Indonesia.

Gunung Lawu terletak di antara tiga kabupaten, yaitu Karanganyar Jawa Tengah, Ngawi dan Magetan Jawa Timur. Selain dikenal sebagai gunung yang penuh misteri, sejumlah fakta tentang Gunung Lawu juga menarik untuk diketahui.

Berikut tujuh fakta tentang Gunung Lawu yang menarik untuk diketahui:


1. Gunung Lawu Memiliki Tiga Puncak


Gunung Lawu hingga sekarang dikenal memiliki tiga puncak, yakni Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan puncak tertingginya bernama Hargo Dumilah. Nama-nama puncak tersebut kemungkinan besar bersumber dari serat centhini yang menyebutkan bahwa gunung lawu memiliki 15 puncak.

2. Mempunyai Warung Tertinggi di Pulau Jawa


Warung Mbok Yem merupakan warung tertinggi yang menghiasi area pendakian Gunung Lawu. Warung tersebut berada pada ketinggian 3.100 mdpl yang berdekatan dengan puncak Hargo Dumilah.



Warung ini menyediakan makanan dan minuman hangat, serta menyediakan pula tempat beristirahat bagi para pendaki. Warung Mbok Yem diketahui telah berdiri sejak tahun 1980 dan menjadi legenda dikalangan pendaki.

3. Kurang Cocok Untuk Pemula


Dengan ketinggian yang dimilikinya, Gunung Lawu tentu cenderung kurang cocok untuk pendaki pemula. Terlebih track tanjakan gunung ini memang memiliki tekstur yang tidak ramah pada kaki.

Jika berangkat melewati Jalur Cemoro Sewu, track pendakian akan didominasi oleh bebatuan yang membuat kaki kurang terasa nyaman. Selain itu, udara dingin dan angin kencang juga bisa menghambat jalannya pendakian.

4. Memiliki Kawasan Hutan yang Beragam


Gunung Lawu merupakan salah satu gunung yang memiliki keberagaman hutan yang ciamik. Di lerengnya terdapat hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous.

Di kawasan hutan tersebut juga hidup berbagai jenis flora dan fauna. Beberapa diantaranya seperti edelweiss jawa, anggrek bulan, elang jawa, lutung jawa dan ada pula burung cendrawasih.

5. Memiliki Sejumlah Tempat Wisata di Sekitarnya


Di Sekitar Gunung Lawu terdapat pula beberapa tempat wisata yang ramah untuk dikunjungi, seperti Tawangmangu, Cemoro Sewu, dan Sarangan yang saat ini menjadi tempat wisata yang populer untuk dikunjungi.

Selain itu, di sisi barat terdapat dua kompleks percandian yang diketahui sudah berada dari masa akhir Majapahit, yaitu Candi Sukuh dan Candi Cetho. Sementara itu, ada pula Astana Girilayu dan Astana Mangadeg, komplek pemakaman kerabat Praja Mangkunegaran.

6. Punya Telaga di Dekat Puncak


Ketika berada di Puncak Hargo Dumilah, pendaki bisa menuju tebing yang berada di sebelah barat. Disitu terdapat sebuah kubangan air yang tidak terlalu dalam. Kubangan air tersebut dikenal dengan nama Telaga Kuning.

7. Terkenal Memiliki Udara yang Sangat Dingin


Udara yang ada di Gunung Lawu memang terkenal lebih dingin dibanding dengan gunung lain yang ada di Pulau Jawa. Meski jarang mencapai angka minus, pada waktu tertentu udara di gunung ini bisa mendekati 0 derajat Celcius. Udara dingin akan semakin terasa jika berada di Cemoro Kandang dan Cemoro Sewu.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)