Kisah Pangeran Sambernyawa Menembus Gunung Lawu untuk Serang Belanda di Ponorogo

Minggu, 08 September 2024 - 06:25 WIB
loading...
Kisah Pangeran Sambernyawa...
Pangeran Sambernyawa dikenal jago strategi perang melawan penjajah Belanda. Ia pernah menembus jalan kecil tidak dikenal yang membentang di atas Gunung Lawu. Foto/Ilustrasi/civitasbook
A A A
PANGERAN Sambernyawa dikenal jago dalam strategi perang melawan penjajah Belanda. Perlawanan dimulai pada 1752, saat Pahlawan Nasional bernama asli Raden Mas Said memulai pergerakan dengan menembus hutan.

Pangeran Sambernyawa pernah menembus jalan kecil tidak dikenal yang membentang di atas Gunung Lawu.



Rombongan pasukan ini kemudian tiba di Jogorogo setelah melanjutkan perjalanan usai serangan keempat yang dilakukan bersama para pemberontak di Ponorogo.

Serangan ini merupakan yang kesekian, setelah tiga serangan di bawah Pangeran Mangkubumi sebelumnya menemui kegagalan.

Pada saat itu, Ponorogo berada di bawah kekuasaan Madiun. Pada pertempuran itu, Bupati Ponorogo Raden Adipati Surodiningrat yang berkoalisi dengan VOC Belanda gugur.

Dikutip dari "Antara Lawu dan Wilis: Arkeologi, Sejarah, dan Legenda Madiun Raya Berdasarkan Catatan Lucien Adam Residen Madiun 1934 - 38, Gubernur Jenderal VOC Belanda Jacob Mossel yang menjabat 1750-61, melukiskan bahwa konstelasi konflik tersebut menyebabkan sang bupati wafat karena situasi rumit di antara pendukung Raja Mataram.



Menariknya, antara Pangeran Mangkubumi dan Pangeran Sambernyawa akhirnya bisa bertemu di lereng Gunung Lawu.

Sebelumnya Pangeran Mangkubumi terlebih dahulu berupaya melakukan serangan ke Ponorogo yang menjadi penguasaan VOC Belanda.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)