Bobby Nasution Gagas Event Internasional di Tjong A Fie Mansion

Minggu, 26 Juli 2020 - 07:29 WIB
loading...
A A A
Namun, Mimi mengeluhkan sudah terjadi kebocoran disana-sini. Wajar, sebab rumah itu sudah berusia 120 tahun. Maka tak heran jika Mimi berharap ada renovasi.

"Saya ingin melihat bangunan ini direstorasi besar-besaran tanpa mengubah bentuk dan nilai sejarahnya. Itu yang ingin saya lihat," harap Mimi.

Mimi membandingkan dengan warisan sejarah di kota-kota besar lainnya yang tetap berdiri kokoh dan megah. Sangat terawat. Bobby sendiri mengaku tertarik untuk menjadikan Tjong A Fie Mansion menjadi destinasi wisata unggulan yang dimiliki Kota Medan. (BACA JUGA: Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak Selama Belajar Online)

"Jelas Tjong A Fie ini kebanggaan kota Medan. Kita harus ada perhatian khusus untuk bangunan-bangunan bersejarah seperti ini," kata Suami Kahiyang Ayu itu.

Lulusan S2 Agrobisnis IPB itu punya gagasan untuk menjadikan Tjong A Fie Mansion sebagai wadah menggelar even-even berskala internasional. "Tjong A Fie Mansion ini layak sekali menjadi tujuan wisata sejarah. Kita dorong juga anak muda untuk peduli sejarah dengan datang kesini. Saya juga kepikiran untuk buat festival internasional disini. Mudah-mudahan dapat kita wujudkan, sehingga ini bisa jadi ikon Kota Medan," pungkas Bobby.

Tjong A Fie adalah tokoh multikultural yang semasa hidupnya bisa merangkul semua kalangan. Tjong A Fie dikenal dekat dengan kalangan Melayu, Arab, India dan Belanda, selain orang Tionghoa. Tjong A Fie juga dikenal dermawan. (BACA JUGA: Diplomasi Kopi Bernilai Ekonomi)

Ia tidak hanya menjalin hubungan baik dengan Belanda tapi juga akrab dengan Sultan Deli. Tjong A Fie pun ikut menyumbang sepertiga biaya pembangunan Masjid Raya Medan, dan juga sebuah masjid di Gang Bengkok.

Selain itu dia juga mendirikan kelenteng, jembatan, dan lain-lain. Kota Medan tumbuh tak lepas dari kiprah Tjong A Fie, yang menjalankan konsep kolaborasi dalam kehidupannya.
(vit)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7067 seconds (0.1#10.140)