Sesuai Arahan Kapolri, Program Polisi RW Dinilai Dekatkan Polri dengan Warga

Kamis, 18 Mei 2023 - 19:19 WIB
loading...
Sesuai Arahan Kapolri, Program Polisi RW Dinilai Dekatkan Polri dengan Warga
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/MPI
A A A
BOGOR - Realisasi program 'Polisi RW' yang tengah digencarkan sesuai arahan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, mendapat respons positif. Dipimpin langsung Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran, rencana Polisi RW disiapkan untuk seluruh Indonesia.

Melihat rencana tersebut, Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Muhammad Mustofa menilai, program tersebut bagus untuk diterapkan dengan skala nasional dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas)

"Polisi tingkat RW bagus. Namun harus jelas kegiatannya. Ia harus rajin keliling lingkungan secara rutin, mengenal warga dan mengidentifikasi masalah," kata Mustofa, Kamis (18/5/2023).

Mustofa turut memberikan catatan dan masukan bagi polisi RW yang akan bertugas. Bisa kiranya meniru model di Jepang yakni Koban, atau unit terkecil polisi yang ditempatkan di daerah, yang bisa diterapkan ke dalam polisi RW.

"Koban itu tugasnya keliling lingkungan secara rutin. Mengenal setiap warga dan aktivitasnya. Jadi kalau ada orang asing akan segera tahu. Apalagi kalau orang asing itu membawa harta milik warga, misal sepeda," ucap Mustofa.

"Ia tahu dan akan menghentikan orang asing itu dan alasan membawa sepeda warga," tambahnya.

Selain itu, Mustofa juga berharap Polisi RW kedepannya bisa untuk menyerap aspirasi, keluhan bahkan laporan dari masyarakat. Hal itu bisa lebih membuat masalah di masyarakat bisa lebih efektif terselesaikan.

"Warga juga mudah menghubungi Koban kalau ada keluhan atau laporan. Dengan hubungan baik antara petugas dengan warga maka tindak lanjut keluhan atau laporan akan lebih efektif," jelasnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pihaknya akan mengembangkan programpolisiRW di seluruh wilayah Indonesia. Dia menjelaskan, hal itu guna merealisasikan satu Bhabinkamtibmas satu desa/kelurahan.

"Guna memenuhi jumlah Bhabimkatibmas Kami mencoba kembangkanPolisiRW yang saat ini telah dilaksanakan di Polda Metro Jaya," ucap Kapolri dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR RI, di Senayan,Jakarta, Rabu (12/4/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)