Tabrak Kapal Pengangkut Batubara, KLM Avalokiteswara Tenggelam di Perairan Sungai Pengabuan

Selasa, 09 Mei 2023 - 06:27 WIB
loading...
Tabrak Kapal Pengangkut Batubara, KLM Avalokiteswara Tenggelam di Perairan Sungai Pengabuan
Sebuah kapal pengangkut sembako tenggelam di wilayah perairan Sungai Pengabuan, Desa Sungai Rambai, Kecamatan Pengabuan, Kabupaten Tanjungjabung (Tanjab) Barat, Jambi, Senin (8/5/2023). Foto ilustrasi
A A A
TANJAB BARAT - Sebuah kapal pengangkut sembako tenggelam di wilayah perairan Sungai Pengabuan, Desa Sungai Rambai, Kecamatan Pengabuan, Kabupaten Tanjungjabung (Tanjab) Barat, Jambi, Senin (8/5/2023). Kapal KLM Avalokiteswara tenggelam usai menabrak kapal pengangkut batubara.



Beruntung, dalam insiden kapal yang menabrak TB Prima Harimau tersebut tidak ada korban jiwa. Dari informasi yang didapat, kemudi KLM Avalokiteswara mengalami rusak sehingga tidak bisa mengendalikan lajunya kapal.

"Ya, benar telah terjadi kecelakaan air, tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut," ungkap Kasubbid Penmas Kompol Mas Edy, Senin (8/5/2023).

Dia menjelaskan, kecelakaan tersebut bermula dari KLM Avalokiteswara yang bermuatan beras, cabai dan kacang hijau melintasi perairan Sungai Rambai menuju Desa Taman Raja.

Kemudian, kapal tersebut berpapasan dengan TB Prima Harimau. Namun, kemudi kapal mendadak macet dan sulit dikendalikan. Pada saat kejadian tersebut, katanya, nakhoda KLM Avalokiteswara berusaha mengendalikan kapal , namun gagal.

"Ya, kemudinya rusak (macet), sehingga arah KLM tidak bisa dikendalikan. Selanjutnya menabrak sisi tongkang bermuatan batubara yang ditarik oleh TB Prima Harimau," tuturnya. Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Kapal Pengangkut Sembako Tertahan di Pelabuhan Parepare

Akibat menabrak sisi tongkang, Mas Edy menambahkan, KLM Avalokiteswara mengalami pecah pada bagian haluan. Akibatnya, air masuk ke dalam lambung kapal, sehingga KLM Avalokiteswara langsung tenggelam.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6975 seconds (0.1#10.140)