Perkuat Persatuan di Pilkada 2024, Korem 162 Wira Bhakti Gelar Budaya Kalondo Lopi

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 18:52 WIB
loading...
Perkuat Persatuan di...
Korem 162 Wira Bhakti bersama Ikatan Keluarga Wera (IKRA) Nusantara serta Forum Komunikasi Kasabua Ade (FOKKA) Indonesia menggelar kegiatan budaya Kalondo Lopi atau Penurunan Kapal. Foto: Ist
A A A
BIMA - Korem 162 Wira Bhakti bersama Ikatan Keluarga Wera (IKRA) Nusantara serta Forum Komunikasi Kasabua Ade (FOKKA) Indonesia menggelar kegiatan budaya Kalondo Lopi atau Penurunan Kapal .

Kegiatan yang digelar di Desa Sangiang, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini untuk menyatukan masyarakat saat pelaksanaan Pilkada 2024.



Danrem162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti didampingi Dandim 1608/Bima Letkol Inf Andi Lulianto mengatakan, acara ini merupakan wujud konkret masyarakat Wera Bima dalam menjaga persatuan dan kesatuan di tengah tahun politik.

Ketum FOKKA Indonesia Yan kurniawan menuturkan acara ini kegiatan budaya yang mengangkat kearifan lokal tentang gotong royong masyarakat Bima yang selama ini jarang diekspose karena kalah dengan isu-isu politik. Kegiatan ini juga merupakan implementasi kemanunggalan TNI bersama masyarakat.

Kehadiran Danrem 162/WB bersama rombongan disambut Ketum IKRA Nusantara E Muhtar dan penampilan Tari Buja Kadanda. Tari tersebut menggambarkan dua prajurit yang sedang berperang.

Tarian Buja Kadanda ini diciptakan oleh rakyat dalam mempertahankan daerah mereka. Tarian ini juga memperkenalkan kepada para generasi muda akan kejayaan dan kehebatan masyarakat Bima pada zaman dulu

Prosesi Kalondo Lopi di Desa Sangiang merupakan perayaan sekaligus hiburan bagi masyarakat Bima yang sangat khas dan mempunyai makna tersendiri.

Kalondo Lopi adalah tradisi yang sudah dilakukan oleh nenek moyang Suku Mbojo (Bima) sejak mereka mengenal dunia kelautan. Tradisi tersebut menunjukkan bukan saja pelestarian warisan budaya di Sangiang, tapi juga sebagai simbol toleransi dan kerukunan antarwarga.

Desa Sangiang memiliki banyak potensi wisata alam, seperti seni budaya, aneka kuliner dan berbagai potensi wisata lainnya. Salah satu yang menjadi daya tarik Desa Sangiang adalah Gunung Sangiang yang memiliki nilai historis sejak abad 14 Masehi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)