Rekomendasi Tim Audit: Bangunan Stadion Mattoanging Harus Dibongkar Total

Rabu, 29 April 2020 - 06:05 WIB
loading...
A A A
"Setelah review baru dilelang DED-nya. DED ini untuk perencanaan konstruksi. Kemudian setelah rampung ini, baru kita usulkan lelang konstruksi. Jadi secepatnya untuk proses DED. Kita harap bisa melakukan percepatan di proses ini, kemudian kita lelang untuk rehab fisik stadion," jelasnya.

Diketahui, Pemprov Sulsel telah menganggarkan dana sekitar Rp200 miliar di APBD 2020 untuk rehabilitasi Stadion Mattoanging. Dengan rincian, penyusunan andalalin Rp248,8 juta, DELH/Amdal Rp748,9 juta, manajemen konstruksi Rp4,060 miliar, hingga tahap konstruksi Rp194 M.

Untuk menjadikannya stadion bertaraf internasional, dibutuhkan total anggaran sekitar Rp900 miliar. Makanya selain APBD, rehab stadion juga mengandalkan dana dari APBN yang oleh Dispora Sulsel sudah mengajukan usulan ke Kemenpora.

"Apalagi nanti dalam pra desain ini, stadion akan ditingkatkan kapasitasnya menjadi 40.000 penonton kapasitas disana. Sehingga itu akan beberapa tingkat, dan tentu dibutuhkan konstruksi yang kokoh dan baru, untuk menopang daya tampung stadion nanti," pungkas Arwin.

Sementara Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulsel, Muhlis Mallajareng menambahkan, seluruh bangunan saat ini tidak bisa dipertahankan. Seluruh bangunan harus dibongkar, jika kedepan ingin membangun konstruksi baru.

"Karena dari kualitas betonnya sudah korosi segala macam. Jadi sudah tidak memenuhi standar. Apalagi kalau dipasang struktur baru, tidak bisa menopang. Jadi harus dibongkar semua, sesuai hasil rekomendasi tim audit," jelas Muhlis.

Hasil audit fisik dari tim Unhas inipun lanjut dia, akan dibahas lebih lanjut. "Tentu nanti akan tindak lanjuti bagaimana kedepan. Tapi saat ini semua proses tahapan rehab juga sementara berjalan," tukasnya.

Baca Juga : Disdik Sulsel Siapkan 174.282 Kuota untuk Peserta Didik Baru
(sri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)