Legiun Mangkunegaran, Unit Pasukan Khusus yang Mampu Tandingi Militer Eropa

Minggu, 12 Februari 2023 - 10:15 WIB
loading...
A A A
Salah satu bukti kejayaan Legiun Mangkunegaran, hingga kini masih bisa disaksikan dari bangunan markas kavaleri-artileri yang berada di sebelah timur Puro Mangkunegaran.



Dalam puromangkunegaran.com disebutkan, pembentukan Legiun Mangkunegaran tidak dapat dilepaskan dari tradisi kemiliteran yang diletakkan oleh Pangeran Sambernayawa atau KGPAA Mangkunegara I.

Jauh sebelum Legiun Mangkunegaran terbentuk, ternyata sudah ada cikal bakal pasukan tempur mematikan. Yakni, pasukan gerilya yang berjuang selama belasan tahun bersama Pangeran Sambernyawa.

Pasukan gerilya tersebut, akhirnya dibentuk menjadi Praja Mangkunegaran, saat Pangeran Sambernyowo berkuasa pada tahun 1757. Pada saat pembentukan Praja Mangkunegaran, sebanyak 12 kesatuan yang berpengalaman bergerilya tetap dipertahankan. Kekuatan pasukan ditambah dengan 22 unit infanteri, kavaleri dan artileri yang masing-masing terdiri dari 44 orang.

Wafatnya Mangkunegara I, ternyata tidak menyurutkan keberadaan Praja Mangkunegaran. Bahkan, satuan militer tersebut justru semakin dikembangkan di masa Mangkunegara II. Yakni dengan pembentukan Legiun Mangkunegaran, pada tahun 1808.

Mangkunegara II memiliki visi yang sangat kuat dalam pembentukan pasukan elite tempur tersebut. Selain mengadopsi Grande Armee, pembentukan Legiun Mangkunegaran juga mengadopsi Legionnaire atau Legiun, sebuah organisasi militer Perancis, yang berarti pasukan bala tentara.



Sebagai pasukan elite tempur modern, Legiun Mangkunegaran disebut dalam puromangkunegaran.com, juga mengadopsi militer Perancis secara fisik, persenjataan, taktik, dan organisasi.

Meski tidak menyukai Belanda, Mangkunegara II tetap menggunakan perwira-perwira militer Belanda, Perancis, dan Inggris untuk melatih Legiun Mangkunegaran secara profesional. Hal ini dilakukan, demi pembangunan militer yang kuat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)