Legiun Mangkunegaran, Unit Pasukan Khusus yang Mampu Tandingi Militer Eropa

Minggu, 12 Februari 2023 - 10:15 WIB
loading...
A A A
Saat pecah pertempuran di Jatingaleh, Semarang, pada tahun 1811, Legiun Mangkunegaran juga menjadi bagian dari pasukan yang dipimpin Gubernur Jenderal Janssens. Legiun Mangkunegaran, juga terlibat pada perang Aceh tahun 1873, menumpas bajak laut di Bangka, pada tahun 1919-1920.

Bahkan, saat pecah perang dunia kedua, Legiun Mangkunegaran masih terlibat dalam pertempuran sengit untuk mempertahankan Jawa dari serangan Jepang, pada tahun 1942. Dalam catatan puromangkunegaran.com, disebutkan Legiun Mangkunegaran mampu bertahan sampai masa kekuasaan Mangkunegara VII.

Pasukan elite yang mampu bertahan lebih dari satu abad, dan memiliki pengalaman tempur yang luar biasa tersebut, mampu memadukan budaya Jawa dan Eropa. Tak hanya dari seragam militernya yang menggabungkan gaya militer Perancis dan Jawa. Pasukan ini juga memadukan senjata modern dan tradisional, serta memiliki strategi perang ala Eropa yang dipadukan dengan strategi perang Pangeran Sambernyawa.

Hingga kini, tradisi pasukan Legiun Mataram yang pernah disegani oleh militer di dunia tersebut, masih banyak diadopsi pasukan-pasukan tempur di TNI. Semangat nasionalisme, kepatuhan kepada pemimpin, serta mengutamakan tugas dan kesetiaan sesama anggota, menjadi nilai-nilai yang masih terus dikembangkan dalam tubuh pasukan tempur di zaman modern ini.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)