Kisah Telik Sandi Cantik Nyimas Utari, Hancur Lebur Ditembak Meriam Usai Penggal Kepala Gubernur Jenderal VOC JP Coen

Kamis, 12 Januari 2023 - 22:02 WIB
loading...
Kisah Telik Sandi Cantik Nyimas Utari, Hancur Lebur Ditembak Meriam Usai Penggal Kepala Gubernur Jenderal VOC JP Coen
Nyimas Utari Sandijayaningsih. Foto/pepursnas.go.id
A A A
Wanita cantik Jawa itu, memiliki nama lengkap Nyimas Utari Sandijayaningsih. Dia lebih dikenal dengan panggilan Nyimas Utari. Tak main-main, Nyimas Utari merupakan putri dari pasangan suami istri petinggi di Kesultanan Mataram Islam, Bagus Wanabaya dan Roro Pembayun.



Di balik kecantikannya, kisah hidup Nyimas Utari lebih banyak diselimuti kabut misteri layaknya James Bond si agen rahasia berkode 007 asal Inggris. Kisah akhir hidupnya begitu tragis, dia tewas di hadapan suami tercintanya, Mahmudin saat menjalankan misi rahasia dan sangat berbahaya di Batavia, jantung pertahanan VOC.



Perjalanan hidup pasangan Nyimas Utari, dan Mahmudin bak kisah pasangan suami istri John Smith dan Jane Smith dalam film aksi berjudul "Mr and Mrs. Smith", yang diperankan Brad Pitt, dan Angelina Jolie. Mereka harus hidup dalam penyamaran, untuk menuntaskan misi rahasia.



Misi operasi rahasia terbesar yang dilakukan wanita berparas cantik ini, adalah pembunuhan Gubernur Jenderal VOC, Jans Pieterzoon Coen. Bahkan, demi memuluskan misinya tersebut, Nyimas Utari harus rela menjadi penyanyi di klub tempat berkumpulnya para perwira VOC.

Dikutib dari perpusnas go.id, kehadiran Nyimas Utara di klub perwira VOC ini, tidak lepas dari peran Asisten JP Coen, Wong Agung Aceh. Kehadiran Nyimas Utari di Batavia ini, tentunya tak lepas dari persiapan Mataram, melakukan serangan ke dua ke benteng VOC.

Sultan Agung dua kali melakukan serangan ke Batavia. Yakni, pada tahun 1628 yang mengalami kegagalan, dan baru berhasil memenangkan pertempuarn pada serangan kedua dilancarkan pada 1629.

Dalam Babad Jawa, disebutkan pembunuhan terhadap Gubernur Jenderal VOC JP Coen, sudah lama dirancang oleh pasukan intelijen atau telik sandi Mataram, yang dikenal dengan nama Dom Sumuruping Mbanyu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2047 seconds (0.1#10.140)