Profil Samanhudi Anwar, KDRT Istri hingga Otaki Perampokan Rumah Dinas Wali Kota Blitar

Jum'at, 27 Januari 2023 - 21:04 WIB
loading...
A A A
Dua tahun sebelumnya atau tahun 2016, mantan istri Samanhudi Anwar yang bernama Yuli membuat testimoni di media sosial terkait perlakuan Samanhudi kepada dirinya. Testimoni berupa rekaman video di platform facebook itu juga membuat heboh publik, khususnya masyarakat Blitar.

2. Terjaring OTT KPK

Pada bulan Juni tahun 2018, Wali Kota Blitar Muh Samanhudi terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK atas dugaan kasus suap (gratifikasi) proyek pembangunan sekolah.

Penangkapan Samanhudi Anwar bersamaan dengan penangkapan Bupati Tulungagung Syahri Mulyo. Samanhudi sempat melarikan diri, namun akhirnya menyerahkan diri di gedung KPK Kuningan Jakarta.

Pada tahun 2019 Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Surabaya menjatuhi vonis 5 tahun penjara. Samanhudi terbukti menerima suap sebesar Rp1,5 miliar. Dalam menjalani hukuman, Samanhudi sempat dipindah ke Lapas Blitar.

Namun menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Blitar, Samanhudi dilayar ke Lapas Kelas IIA Sragen, Jawa Tengah. Mantan Ketua DPRD dan DPC PDIP Kota Blitar itu bebas pada 10 Oktober 2022 dan langsung pulang ke rumahnya di Kota Blitar.

Di depan wartawan Samanhudi sempat terang-terangan mengatakan dirinya secara politik telah dizalimi. Karenanya ia mengaku akan melakukan pembalasan dendam politik.

3. Otak Perampokan Rumah Dinas Wali Kota Blitar

Praktis baru sekitar 3 bulan menghirup udara bebas, mantan Wali Kota Blitar Muh Samanhudi Anwar kembali mendekam di dalam penjara.

Pada Jumat siang (27/1/2023) ini, Tim Jatanras Polda Jatim telah menangkap Samanhudi Anwar atas dugaan otak perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar 12 Desember 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2584 seconds (0.1#10.140)