Banjir Gerus Pondasi Jembatan, Jalur Penghubung Banyumas-Purbalingga Ditutup Total

Senin, 23 Januari 2023 - 09:56 WIB
loading...
Banjir Gerus Pondasi Jembatan, Jalur Penghubung Banyumas-Purbalingga Ditutup Total
Jembatan Sungai Pelus di Kecamatan Purworejo, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, terpaksa ditutup karena pondasinya ambrol tergerus banjir. Foto/iNews TV/Saladin Ayyubi
A A A
BANYUMAS - Banjir yang terjadi di Sungai Pelus, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengakibatkan talud dan pondasi jembatan penghubung Banyumas-Purbalingga ambrol. Kondisi ini mengakibatkan jalur Banyumas-Purbalingga, ditutup total.

Baca juga: Ngeri! Jalan Nasional di Nias Selatan Putus, Pengendara Terisolir 10 Jam

Sungai Pelus banjir setelah hujan lebat mengguyur kawasan tersebut, sejak Minggu (22/1/2023) malam. Banjir tersebut mengakibatkan talud setinggi 10 meter longsor, hingga puluhan rumah warga rusak terseret banjir dan longsor.



Jalur penghubung Banyumas-Purbalingga yang terpaksa ditutup, ada di Jalan Raya Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas. Penutupan jalur tersebut, karena kondisi jembatan rawan roboh.

Baca juga: Misteri Keris Naga Runting, Pusaka Sakti Milik Prabu Siliwangi Penguasa Kerajaan Pajajaran

Salah satu warga, Ahmad Supriyono mengatakan, bangunan talud dari tembok dan batu yang menjadi penahan rumah warga, serta pondasi jembatan ambrol karena tidak mampu menahan derasnya air sungai yang meluap.

Banjir Gerus Pondasi Jembatan, Jalur Penghubung Banyumas-Purbalingga Ditutup Total


"Panjang talud yang longsor akibat digerus banjir, mencapai sepanjang 30 meter, dengan tinggi 10 meter. Akibatnya, bangunan rumah dan toko material yang ada di tepi talud ikut terbawa longsor," ungkapnya.

Baca juga: Proyek Megah Keraton Plered, Istana Baru Kerajaan Mataram yang Hancur Akibat Pemberontakan Trunojoyo

Material longsor yang menyeret rumah warga, belum bisa dievakuasi karena kondisi tanah masih labil. Petugas juga bersiaga di jembatan Sungai Pelus yang ditutup total, agar tidak dilintasi karena sangat membahayakan pengguna jalan.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1578 seconds (10.55#12.26)