Kisah Skandal Panembahan Senopati Bercinta dengan Istri Sultan Pajang hingga Punya Anak Laki-laki

Kamis, 19 Januari 2023 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Ketika menjadi tahanan, gadis itu masih bocah, sehingga ia dititipkan oleh Sultan Hadiwijaya kepada Ki Ageng Pamanahan untuk diasuh. Kelak ketika sudah besar, gadis itu akan dinikahi oleh Sultan Hadiwijaya.



Tetapi ketika sudah dewasa, gadis itu justru dicintai oleh Sutawijaya, anak laki-laki Ki Ageng Pamanahan. Ini jelas skandal besar. Calon istri Sultan didahului oleh pemuda yang ayahnya justru diamanahi untuk menjaga dan merawatnya.

Ki Ageng Pamanahan, sebagai ayah dari Senopati dan orang yang dipasrahi merawat gadis tersebut jelas bakal kena marah besar, bahkan hukuman mati dari Sultan Pajang. Sebagai seorang ayah, Ki Ageng Pamanahan merasa bahwa dirinya gagal mendidik anak, sekaligus gagal melindungi amanah diberikan oleh Sultan Pajang.

Bagaimanapun juga, Ki Ageng Pamanahan harus tetap mempertanggungjawabkan skandal anak kandungnya itu kepada Sultan Hadiwijaya. Maka ia mengajak anaknya, Sutawijaya untuk menghadap ke Pajang. Sesampainya di hadapan Sultan Hadiwijaya, Ki Ageng Pamanahan mengutarakan skandal yang dilakukan anaknya tersebut.



Di hadapan Sultan Hadiwijaya, Ki Ageng Pamanahan sudah pasrah sepenuhnya, mau diapakan putranya yang telah berbuat kurang ajar itu. Terjadilah percakapan antara Ki Ageng Pamanahan dengan Sultan Hadiwijaya yang cukup panjang.

Di akhir pembicaraan itu ternyata Sultan Hadiwijaya akhirnya memaafkan ulah anak angkatnya itu, dan tak memberikan sanksi apapun ke Ki Ageng Pamanahan maupun Sutawijaya. Bahkan keduanya diminta pulang ke Mataram, dan Sutawijaya diizinkan untuk menikahi gadis selir penguasa Pajang itu.

Alhasil, Ki Ageng Pamanahan akhirnya menikahkan anak kandungnya dengan perempuan yang bakal jadi calon istri penguasa Pajang. Tak lama setelah pernikahan itu, istri Panembahan Senopati melahirkan anak laki-laki yang sangat rupawan, dan diberi nama Rangga.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)