Universitas Brawijaya Galang Kerjasama Tangani Penyebaran Wabah PMK

Senin, 22 Agustus 2022 - 23:46 WIB
Saat ini, vaksin tersebut sudah diberikan kepada 60 persen populasi sapi di wilayahnya. “Alhamdulillah kami juga sudah memulai vaksinasi kedua," ujarnya.

Namun, tantangan terberat berikutnya adalah keterbatasan jumlah tenaga kesehatan hewan untuk melakukan vaksinasi. "Di wilayah kami hanya terdapat 5 Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) untuk mencakup 24 kecamatan. Sehingga ini menjadi sebuah tantangan yang cukup berat,” ucapnya.

Sedangkan Direktur PT BULS (Berdikari United Livestock), Irman Yasin Limpo yang turut hadir juga menyampaikan bahwa tenaga kesehatan hewan di Kabupaten Sidrap juga terbatas.

“Jumlah dokter hewan sangatlah tidak memadai untuk dapat merawat lebih dari 6.000 ekor sapi pada fasilitas yang luasnya 11.000 hektare. Oleh karena itu kami juga menyerap tenaga dari SMK Peternakan dan juga veteriner lulusan universitas,” katanya.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum DPP KNPI, Muhammad Ryano Panjaitan menyebut kurangnya jumlah Puskeswan di Kabupaten Pasuruan harus mendapatkan perhatian khusus. Apalagi di tengah merebaknya wabah PMK.

Di sisi lain ia juga mengapresiasi pemerintah yang sejauh ini sudah berhasil menyediakan 7 juta vaksin PMK untuk didistribusikan kepada para peternak di berbagai wilayah di Indonesia.

Kepala BBIB Singosari, Kresno Suharto menyampaikan pesan dari Dirjen PKH Nasrullah bahwa program pertama yang dicanangkan oleh pemerintah adalah melakukan vaksinasi dengan target pengadaan sebanyak 29 juta dosis hingga akhir tahun ini.

Kemudian pemerintah juga ingin proses produksi vaksin di Indonesia dapat dilakukan secara lokal. “Pusvet sudah bisa produksi vaksin PMK lokal, InsyaAllah bulan September atau Oktober sudah bisa launching,” ujarnya.

USDEC Country Manager for Indonesia, Arief Rashidi menyampaikan, aksi solidaritas ini diharapkan dapat mendapatkan dukungan yang lebih besar di kemudian hari.
(shf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More