Peternak Pilih Jamu Tradisional untuk Obati Sapi yang Terkena PMK

Kamis, 18 Agustus 2022 - 11:50 WIB
Meski peternak turun tangan langsung untuk memberikan jamu, tapi tim penyuluh kesehatan hewan juga tetap melakukan pemantauan dan pemberian vitamin untuk ternak yang terjangkit PMK.

"Tetap dari tim penyuluh turun memantau hewan yang sakit. Hanya saja peternak memang meminta waktu 2 minggu untuk isolasi sendiri ternaknya yang sakit," bebernya.

Mantan penyuluh pertanian ini menjelaskan, hewan yang mudah terjangkit PMK adalah hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing.

"Penyakit ini ditandai dengan adanya pembentukan lepuh dan erosi di mulut, lidah, gusi, nostril, puting, dan di kulit sekitar kuku hewan ternak. Dampak paling buruk penyakit ini dapat menyebabkan kematian," jelasnya.



Sekedar diketahui, untuk kabupaten Maros tercatat sekitar 81 ekor ternak yang terindikasi teinfeksi PMK . Dari 81 ekor ternak yang terinfeksi PMK, 1 ekor diantaranya adalah kerbau.

Adapun 81 kasus tersebut tersebar di 3 Desa dan 2 Kecamatan. Desa Moncongloe Lappara, Kecamatan Moncongloe sebanyak 17 kasus. Desa Abulosibatang sebanyak 23 kasus dan Desa Bontomatene Kecamatan Marusu sebanyak 41 kasus.
(tri)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More