Mengatasi Stunting, Kemenkominfo Mengajak Remaja untuk Penuhi Nutrisi dan Terapkan Sanitasi

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 21:01 WIB
Penerapan sanitasi yang baik bisa dimulai dari hal kecil, misalnya, memasak air sebelum diminum untuk membunuh kuman dan parasit, serta kebiasaan mencuci tangan pakai sabun. “Kuman-kuman bisa menular lewat tangan dan makanan. Kemudian ada juga gangguan pencernaan yang disebabkan oleh lingkungan. Pada keadaan ini, usus kecil tempat menyerap zat-zat makanan terganggu fungsinya, sehingga kalau kita makan tidak bisa diserap dengan baik dan mengganggu asupan nutrisi sehingga tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh,” kata Sylvia.

Selain faktor nutrisi dan sanitasi, menurut Dwi, anak stunting juga disebabkan oleh kehamilan ibu yang terlalu muda “Karena ibu muda ini juga masih bermasalah, ia masih perlu gizi yang cukup untuk perkembangan organ dalam tubuhnya, termasuk perkembangan organ reproduksi,” jelasnya. Oleh karena itu, Dwi menganjurkan kepada remaja untuk tidak menikah di usia dini karena harus fokus pada proses tumbuh kembang agar siap secara fisik, ekonomi, serta kematangan emosi.

Sylvia menambahkan, remaja yang nantinya akan menjadi orang tua dalam meneruskan membangun generasi yang cemerlang harus punya pengetahuan. “Ada banyak yang harus disiapkan yaitu asah asih asuh. Jadi bukan hanya memberinya cinta, tetapi juga harus tahu bagaimana cara mengasuhnya dan memberi nutrisi yang baik,” ucapnya.

Dwi menegaskan, dirinya sangat mendukung gerakan pencegahan stunting sejak dini. “Saya sangat mendukung pemenuhan nutrisi, menerapkan sanitasi, sehingga stunting dapat teratasi,” ucapnya. Sementara itu, Sylvia berpesan kepada remaja, pencegahan stunting harus dimulai dari diri sendiri. “Ubah dulu sikap kita, jaga sanitasi, tingkatkan kualitas nutrisi, supaya generasi mendatang bisa berubah menjadi lebih baik. Jadilah agen perubahan,” katanya.

Forum Kepoin Genbest yang diadakan kali ini merupakan bagian dari kampanye GenBest (Generasi Bersih dan Sehat), yang merupakan inisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat serta bebas sunting.

GenBest mendorong masyarakat, khususnya generasi muda, agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat di kehidupan sehari-hari. Melalui situs genbest.id dan media sosial @genbestid, GenBest juga menyediakan berbagai informasi seputar stunting, kesehatan, nutrisi, tumbuh kembang anak, sanitasi, maupun reproduksi remaja dalam bentuk artikel, infografik, dan videografik. CM
(srf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More