Serius Tangani Bencana Alam dan Stunting, Gubernur Kalteng Gelar Pertemuan Akbar

Jum'at, 17 Mei 2024 - 11:06 WIB
loading...
Serius Tangani Bencana Alam dan Stunting, Gubernur Kalteng Gelar Pertemuan Akbar
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan menggelar pertemuan akbar lintas sektor se-Kalimantan Tengah dalam rangka membahas isu strategis risiko karhutla dan stunting di GOR Indoor KM 5, Senin (20/5/2024). (Foto: dok Pemprov Kalteng)
A A A
PALANGKARAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan menggelar pertemuan akbar lintas sektor se-Kalimantan Tengah di GOR Indoor KM 5, Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya dalam rangka membahas isu-isu strategis risiko bencana alam kebakaran hutan dan lahan, serta isu nasional stunting padaSenin (20/5/2024).

Pada pertemuan akbar tersebut, Gubernur Kalimantan Tengah akan mengundang seluruh eleman pemerintahan dan lembaga lintas sektor provinsi dan kabupaten/kota, hingga perangkat desa, termasuk Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) se-Kalimantan Tengah.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nuryakin, usai menggelar rapat persiapan di Aula Bajakah Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Kamis (16/5/2024)

"Benar, bapak gubernur telah menginisiasi pertemuan akbar tersebut sebagai wahana penyampaian pokok-pokok pikiran beliau, serta mengajak berdiskusi terkait masalah bencana alam, khususnya karhutla dan banjir serta stunting," ucapnya.

Lebih lanjut, Nuryakin mengatakan bahwa unsur yang diundang nantinya mencakup hampir semua unsur elemen pemerintahan, legislatif, yudikatif, TNI/POLRI, lembaga-lembaga vertikal lainnya, perguruan tinggi, organisasi keagamaan, organisasi masyarakat, lembaga-lembaga adat, institusi pendidikan, pemerintah kabupaten dan kota, hingga perangkat desa, serta BABINSA dan BHABINKAMTIBMAS.

Sekda Nuryakin menambahkan, Gubernur Kalteng selalu menekankan penanganan karhutla, banjir, dan stunting.

"Pada setiap kesempatan, bapak gubernur selalu menekankan pentingnya keseriusan dalam penanganan karhutla, banjir, dan stunting. Perlu dibangun kesepahaman yang solid agar langkah dan upaya menangani hal tersebut memiliki langkah dan spirit yang sama" tuturnya.

Dia mengatakan, ribuan elemen atau unsur yang diundang pada pertemuan tersebut dapat hadir sebagai bentuk komitmen dan kontribusi bersama dalam membangun Kalimantan Tengah. Momentum pertemuan akbar tersebut dapat dimanfaatkan untuk memberikan sumbangsih pemikiran dan masukan-masukan konstruktif, khususnya persoalan bencana alam dan stunting.

"Babinsa dan Bhabinkabtimas salah satu garda terdepan di tingkat desa dalam penanganan bencana. Untuk itu, mereka turut diundang dalam pertemuan tersebut, termasuk perangkat desa," tuturnya.

Sebagai informasi, pertemuan akbar lintas sektor merupakan insisiasi Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dengan mencermati risiko bencana alam, khususnya banjir dan karhutla serta pentingnya keseriusan dalam penanganan stunting.

Khusus untuk penanganan stunting Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dibawah kepemimpinan Sugianto Sabran dan Edy Pratowo, prevalensi stunting mampu diturunkan secara signifikan. Pada 2020, prevalansi stunting Kalteng sebesar 32,30 persen, sementara pada 2023 turun menjadi 23,5 persen.

Pada setiap kesempatan tersebut, Gubernur Kalteng dua periode itu menekankan pentingnya komitmen, serta keseriusan dalam penanganan bencana alam dan penurunan stunting di Kalimantan Tengah.

"SDM Kalteng ke depan harus unggul dan tangguh untuk meraih peluang masa depan. Untuk itu, semua stakeholder harus memiliki komitmen yang kuat dalam penanganan stunting. Akan halnya masalah bencana, baik karhutla maupun banjir, ini menyangkut hajat hidup masyarakat. Maka suatu keniscayaan pemerintah harus hadir, harus peka, dan harus memiliki pemikiran yang solutif dalam mengatasi dan menanganinya" ucap Sugianto Sabran beberapa waktu lalu.
(skr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)
pixels