Kisah Cinta Idjon Djanbi, Legenda Kopassus yang Ceraikan Wanita Inggris demi Mojang Sunda

Jum'at, 20 September 2024 - 06:20 WIB
Tidak hanya itu, ia juga memeluk agama Islam dan mengubah namanya menjadi Mochamad Idjon Djanbi. Meskipun sudah pensiun dari dunia militer, Idjon tidak bisa sepenuhnya menjauh dari medan perang.

Kolonel A.E. Kawilarang, yang memiliki visi untuk membentuk pasukan khusus Indonesia, melihat potensi besar dalam diri Idjon. Ia diminta untuk melatih pasukan elite TNI, yang kelak menjadi cikal bakal Kopassus.

Idjon Djanbi setuju dan menjadi komandan pertama Kesatuan Komando Teritorial III (Kesko III) di bawah Divisi Siliwangi.

Kisah cinta Idjon Djanbi dengan Suyatmi untuk meninggalkan kehidupannya di Eropa demi menetap di Indonesia menunjukkan betapa kuat cintanya.

Meskipun menghadapi tantangan dan kecurigaan karena latar belakangnya sebagai mantan tentara Belanda, Idjon tetap bertahan dan berjasa dalam membangun pasukan elite yang hingga kini menjadi kebanggaan Indonesia.

Idjon Djanbi pensiun dari militer pada tahun 1956 dan kemudian menderita penyakit usus buntu yang akhirnya merenggut nyawanya pada 1 April 1977.

Warisannya tetap abadi sebagai "Bapak Kopassus", dan kisah hidupnya yang penuh liku, termasuk pilihan cintanya pada wanita Sunda, tetap dikenang sebagai bagian penting dari sejarah Indonesia.
(ams)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content