7 Faktor Penyebab Keruntuhan Kerajaan Majapahit, Ada Kaitannya dengan Dinasti Ming di China

Selasa, 13 Agustus 2024 - 14:55 WIB
Bahkan setelah kematian Hayam Wuruk, terjadi polemik perebutan kekuasaan yang semakin menenggelamkan kekuasaan Majapahit.

3. Perang Saudara



Setelah Hayam Wuruk meninggal dunia, mulai terjadi perebutan kekuasaan di Majapahit. Diangkatnya Wikramawardhana pada 1389 untuk menggantikan Hayam Wuruk ditentang anak Hayam Wuruk, Bhre Wirabhumi.

Singgasana ini kemudian dituntut oleh Wirabhumi yang kemudian tercetuslah perang saudara yang disebut Perang Paregreg pada 1404-1405. Dimana perang ini akhirnya membuat Wirabhumi gugur.

4. Serangan Kerajaan Demak



Dilansir dari jurnal "Legitimasi Kekuasaan Atas Sejarah Keruntuhan Kerajaan Majapahit dalam Wacana Foucault", Pada tahun 1970-an sejarawan Slamet Muljana menyampaikan sebuah temuan, bahwa runtuhnya Majapahit tidak lain adalah karena serangan dari Kerajaan Demak yang dipimpin oleh Raden Patah.

Temuan ini lantas banyak didukung pula oleh kalangan sejarawan, tradisi sastra Jawa sekaligus kelompok komunitas aliran kepercayaan.

5. Kemunculan Kesultanan Malaka



Faktor penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit selanjutnya ini disebabkan oleh muncul dan berkembangnya Kesultanan Malaka. Sebab tempat itu telah menjadi jalur perdagangan utama.

Hal tersebut membuat Kerajaan Majapahit kalah saing dan kehilangan jalur perdagangan utama mereka.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content