7 Faktor Penyebab Keruntuhan Kerajaan Majapahit, Ada Kaitannya dengan Dinasti Ming di China

Selasa, 13 Agustus 2024 - 14:55 WIB
Keruntuhan Kerajaan Majapahit karena sejumlah faktor, di antaranya kematian tokoh berpengaruh seperti Raja Hayam Wuruk. Foto/Ilustrasi/Ist
KERUNTUHAN Kerajaan Majapahit yang pernah mempersatukan wilayah nusantara disebabkan oleh sejumlah faktor. Mulai dari kematian tokoh berpengaruh hingga munculnya dominasi Kesultanan Islam.

Banyak sejarawan berpendapat jika kematian tokoh-tokoh penting seperti Hayam Wuruk dan Gajah Mada menjadi cikal bakal runtuhnya kerajaan nusantara yang bermarkas di Jawa Timur tersebut.



Jika memang benar, maka hal tersebut terasa sangat cepat. Sebab pada era Hayam Wuruk kerajaan ini baru saja menjadi kerajaan terbesar yang ada di nusantara.

7 Faktor Penyebab Keruntuhan Kerajaan Majapahit

1. Mundurnya Gajah Mada dari Majapahit



Setelah perang Perang Bubat, Raja Hayam Wuruk sangat terpuruk karena wanita yang dicintainya yakni Dyah Pitaloka meninggal dalam perang tersebut. Hal ini membuat Mahapatih Gajah Mada memilih mengundurkan diri dari posisinya karena merasa telah gagal.



Menghilangnya sosok ambisi Gajah Mada membuat Hayam Wuruk kebingungan dalam menemukan pengganti yang pantas. Kehilangan Patih ini memang merupakan cikal bakal mulai menurunnya kerajaan ini. Beberapa wilayah kekuasaannya juga perlahan melepaskan diri.

2. Meninggalnya Hayam Wuruk



Hayam Wuruk dikenal sebagai sosok Raja yang berhasil melakukan ekspansi besar-besaran hingga membuat Majapahit ke puncak kejayaan. Kehilangan sosok kharismatik macam Hayam Wuruk membawa Majapahit sangat sulit mencari penerus.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content