4 Kerajaan Bercorak Budha di Nusantara, Salah Satunya Jadi Pusat Studi Agama Budha di Asia Tenggara

Rabu, 22 Mei 2024 - 08:11 WIB
Kerajaan Kaling atau Holing, diperkirakan terletak di Jawa Tengah. Hal ini didasarkan bahwa berita China tersebut menyebutkan bahwa di sebelah timur Kaling ada Po-li (Bali sekarang), di sebelah barat Kaling terdapat To-po-Teng (Sumatera), sedangkan di sebelah utara Kaling terdapat Chen-la (Kamboja) dan sebelah selatan berbatasan dengan samudera. Ada juga yang menghubungkan letak Kaling berada di Kabupaten Jepara.

Menurut berita China, raja terkenal Kerajaan Kaling adalah Ratu Sima yang memerintah sekitar tahun 674 M. Di Kerajaan Keling, agama Budha berkembang pesat. Perkembangan Kerajaan Kaling selanjutnya kurang jelas. Sebab belum ditemukan sumber sejarah yang secara tegas meriwayatkan perjalanan Kerajaan Kaling sampai akhir.

2. Kerajaan Mataram Kuno



Sebelum berkembang menjadi Kesultanan Mataram Islam, kerajaan yang ada di wilayah Jawa Tengah ini awalnya merupakan salah satu kerajaan bercorak Hindu Budha yang besar.



Candi Sewu salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Foto/Istimewa

Kerajaan Mataram Kuno berdiri di Yogyakarta pada tahun 700-an Masehi. Tetapi, karena berbagai alasan, pusat kerajaan tersebut dipindahkan ke Jawa Timur, yaitu Jombang dan Madiun. Ini diketahui dari beberapa sumber sejarah yang ditinggalkan seperti, Prasasti Canggal, Kalasan, Klurak, dan Kedu.

3. Kerajaan Dharmasraya



Kerajaan bercorak Budha di nusantara selanjutnya adalah Kerajaan Dharmasraya. Kerajaan ini terkenal karena berdiri setelah Kerajaan Sriwijaya runtuh, yaitu pada tahun 1183 Masehi.

Prasasti tertua yang pernah ditemukan atas nama Raja Mauli adalah Prasasti Grahi tahun 1183 di selatan Thailand. Prasasti itu berisi perintah Maharaja Srimat Trailokyaraja Maulibhusana Warmadewa kepada Bupati Grahi yang bernama Mahasenapati Galanai supaya membuat arca Buddha seberat 1 bhara 2 tula dengan nilai emas 10 tamlin.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content