5 Tradisi Tarawih Unik di Indonesia, Nomor Terakhir Berlaku Dini Hari

Selasa, 11 April 2023 - 17:25 WIB
Keunikan lain yang ditemukan pada salat tarawih ini adalah ada 10 imam yang akan bergantian memimpin salat tarawih tersebut. Setiap imam akan bergantian setelah membacakan 2 juz Al-Qur'an.



3. Membaca Satu Juz, Setelah Tarawih

Selanjutnya adalah tradisi membaca satu juz ayat Al-Qur'an seusai melaksanakan salat tarawih. Sehingga pada akhir bulan Ramadhan para jamaahnya akan khatam Al-Qur'an.

Tarawih unik ini bisa ditemukan di beberapa masjid di Indonesia seperti Masjid Jami, Sungai Jingah di Banjarmasin dan juga Masjid Al Falah di Jambi.

4. Tradisi Urak Wadalan Kudus

Masyarakat Kudus juga memiliki tradisi salat tarawih yang dikenal dengan nama ‘Urak Wadalan’ yang memiliki arti ‘kayu sedekah’. Tradisi unik ini dilaksanakan selepas tarawih dan panitia masjid akan membagikan jajanan pasar kepada para jamaah.

Tradisi unik ini bertujuan agar selama bulan Ramadan dan bulan-bulan selanjutnya telah tercipta kebersamaan dan kerukunan antar umat Islam.

5. Tarawih Dini Hari

Salat tarawih umumnya dilaksanakan usai menunaikan ibadah shalat isya. Namun jika tarawih di Masjid Kauman, Yogyakarta yang justru dilakukan pada saat dini hari atau tepatnya pada pukul 02.00 dini hari.

Para jamaah menganggap jika salat tarawih dilakukan di waktu dini hari akan memberikan suasana ibadah yang lebih khusyuk dan tenang.
(bim)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More